Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kicauan Donald Trump soal China Bikin Geger Bursa Saham AS

Kompas.com - 24/08/2019, 14:12 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

 

KOMPAS.com - Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump mengunggah sejumlah postingan kontroversial terkait perang dagang AS-China, di jejaring sosial Twitter, Jumat (23/8/2019) pagi waktu setempat. Kicauannya membuat geger bursa saham di AS.

Bukan argumen biasa, kini Trump justru secara langsung "memerintahkan" beberapa perusahaan besar AS untuk melepas China dari aktivitas bisnis mereka, dan kemudian mencari alternatif selain Negeri Tirai Bambu itu.

"Saya memerintahkan sejumlah perusahaan-perusahaan besar AS untuk segera mulai mencari pengganti China, termasuk memindahkan perusahaan-perusahaan kalian ke AS dan membuat produk-produk kalian di sini," kata Trump di sebuah postingan.

Baca juga: CEO Apple Datangi Trump, Keluhkan Tarif AS Menguntungkan Samsung

Trump mengatakan begitu lantaran kesal dengan China yang menurutnya telah mencuri hak-hak kekayaan intelektual AS yang nilainya diklaim mencapai ratusan miliar dollar AS.

Secara lebih tertuju, Trump juga memerintahkan beberapa perusahaan logistik besar, seperti FedEx, Amazon, UPS, dan Post Office, memusnahkan produk medis berbahan Fentanyl yang berasal dari China dan diimpor ke AS. 

Trump berkata demikian lantaran Fentanyl disebut membunuh sekitar 100.000 orang Amerika setiap tahunnya, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari FastCompany, Sabtu (24/8/2019).

Sebelumnya, Donald Trump mencanangkan kebijakan eksekutif untuk melarang penggunaan teknologi dari perusahaan China di negara Adikuasa secara menyeluruh.

Kebijakan ini dikatakan bakal absolut, menggunakan “International Emergency Economic Powers Act”. Dengan begitu, Donald Trump tak memerlukan persetujuan legislatif.

Hal ini menyusul isu bahwa beberapa perusahaan China, dua di antaranya Huawei dan ZTE, diduga kuat menjadi mata-mata di Amerika Serikat.

Kendati begitu, ada pertimbangan lain yang menyulitkan rencana Donald Trump. Pasalnya, Amerika Serikat berencana segera menggelar jaringan internet 5G.

Baca juga: Donald Trump Melunak, Ponsel Huawei Bisa Pakai Android Lagi?

Huawei dan ZTE merupakan dua perusahaan China yang menyediakan teknologi tersebut. Jika diblokir di Amerika Serikat, ini akan mempersulit implementasi jaringan generasi kelima di sana.

Terlepas dari itu, belum bisa dipastikan apakah unggahan dari Trump ini memang bakal benar-benar dilakukan oleh para perusahaan-perusahaan AS yang disebut olehnya atau tidak.

Bikin geger bursa saham AS

Berkat tweet yang dilontarkan Trump, bursa saham AS jadi geger, sejumlah harga saham perusahaan yang disebut olehnya, seperti UPS, Amazon, hingga FedEx, anjlok bersamaan.

Pantauan KompasTekno pada saat penutupan bursa saham hari Jumat (23/8/2019), harga saham UPS (UPS) anjlok 3,42 persen, harga saham Amazon (AMZN) juga anjlok sekitar 3,10 persen, sementara harga saham FedEx (FDX) merosot 3,88 persen.

Tidak hanya itu, sejumlah bursa saham gabungan, seperti DowJones (DJI), Nasdaq (IXIC), dan S&P500 (INX), juga masing-masing anjlok sebesar 2,37 persen, 3,00 persen, dan 2,59 persen pada saat penutupan bursa saham di hari yang sama.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com