Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dukung Ibu Kota Baru di Kalimantan, Ini Kesiapan Telkomsel

Kompas.com - 25/08/2019, 08:29 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pemerintah berencana untuk memindahkan ibu kota Indonesia ke pulau Kalimantan. 

Terkait rencana tersebut, operator seluler Telkomsel mengatakan telah siap untuk mendukung layanan telekomunikasi di Ibu Kota baru ini.

“Kami siap mengawal pemerintah menjadikan Pulau Kalimantan sebagai lokasi ibu kota baru Indonesia di manapun nantinya," kata Direktur Utama Telkomsel, Emma Sri Martini dalam keterangan tertulis yang diterima KompasTekno, Minggu (25/8/2019).

"Berbekal infrastruktur jaringan terdepan yang tersebar di seluruh pulau, Telkomsel akan terus melanjutkan pembangunan teknologi digital di Kalimantan sehingga siap mengadopsi ekosistem teknologi digital yang lengkap dan berkelanjutan," imbuhnya.

Baca juga: Telkomsel Siapkan 52 BTS 4G Dukung Sail Nias 2019

Ilustrasi kesiapan jaringan Telkomsel di pulau KalimantanIstimewa Ilustrasi kesiapan jaringan Telkomsel di pulau Kalimantan

Di wilayah Kalimantan, jaringan Telkomsel diklaim telah menyelimuti 90 persen pulau ini dengan jumlah BTS lebih dari 17.800, di mana sekitar 11.700 di antaranya merupakan BTS broadband (3G/4G). 

Telkomsel juga telah menerapkan teknologi broadband terbaru, yaitu 4,9G Massive MIMO, melalui 4 unit BTS nya yang tersebar di Banjarmasin (Kalimantan Selatan), Balikpapan (Kalimantan Timur), dan Tarakan (Kalimantan Utara).

Adapun teknologi 4,9G Massive Mimo akan memberikan kapasitas jaringan yang lebih besar dan memberikan kualitas layanan yang lebih baik.

Telkomsel juga telah siap melayani kebutuhan pelanggan dengan 62 gerai GraPARI yang tersebar di seluruh wilayah Kalimantan.

Selain di pulau Kalimantan, jaringan telekomunikasi Telkomsel juga telah hadir di daerah perbatasan Pulau Kalimantan, yaitu di Pulau Sebatik dan Nunukan.

Di Nunukan, Telkomsel telah menggelar 187 unit BTS, dimana 127 unit diantaranya adalah BTS broadband. Sedangkan di Pulau Sebatik, Telkomsel telah menggelar 78 unit BTS, dimana 59 unit diantaranya adalah BTS broadband.

Baca juga: Telkomsel Tawarkan Paket Rp 10 untuk Pelanggan yang Terkena Mati Listrik

Bagaimana kesiapan Kalimantan Timur?

Di Kalimantan Timur sendiri, kandidat yang diduga kuat sebagai pengganti ibu kota Jakarta, Telkomsel memiliki sekitar 5.500 unit BTS yang tersebar di beberapa titik, di mana sekitar 3.800 di antaranya merupakan BTS broadband.

Satu BTS di wilayah ini, tepatnya di kota Balikpapan, juga telah dibekali dengan teknologi 4,9G Massive MIMO yang nantinya akan memberikan kapasitas jaringan yang lebih besar serta kualitas layanan yang lebih baik.

Selain itu, untuk melayani pelanggan, Telkomsel juga menyediakan sekitar 18 gerai GraPARI yang tersebar beberapa titik di Kalimantan Timur.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com