Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Google Photos Bisa Mencari Tulisan yang Ada dalam Foto

Kompas.com - 26/08/2019, 06:56 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

Sumber 9to5Google

KOMPAS.com - Aplikasi penyimpanan foto online Google Photos kini bisa melakukan pencarian foto lebih mudah. Pasalnya, pengguna bisa menemukan foto dengan mengetik teks di kolom pencarian.

Pengguna bisa memasukan kata kunci apapun yang berkaitan dengan foto. Selama ini, Google Photos mengenali obyek, acara, wajah manusia, dan hewan peliharaan yang dikategorikan untuk memudahkan pencarian.

Berkat filter optical character recognition, Google Photos kini juga bisa mengenal teks.

Teknologi tersebut sebelumnya telah hadir di Google Lens untuk memindai teks dan memunculkan hasil pencarian di Google Search yang berkaitan teks yang dimaksud.

Untuk mengategorikan foto, Google tetap akan membutuhkan data lokasi dari gambar.

Google Photos berbasis pencarian teks ini cocok digunakan untuk mencari foto screenshot (tangkapan layar) dari artikel, dokumen, atau obyek lain yang kebetulan terdapat teks di dalamnya.

Baca juga: Backup Foto ke Google Photos Kini Lebih Cepat dengan Fitur Express

Tangkapan layar pencarian foto di Google Photos menggunakan teks9to5Google Tangkapan layar pencarian foto di Google Photos menggunakan teks
Fitur ini telah bergulir saat ini. Baik pengguna Android maupun iOS sama-sama bisa menggunakannya dengan syarat telah memperbarui Google Photo ke versi paling baru, dilansir KompasTekno dari 9to5Google, Senin (26/8/2019).

Baru-baru ini, Google Photos juga merombak tampilannya. Google menambahkan mode malam sebagai latar belakang Google Photos. 

Google juga meluncurkan Gallery Go yang merupakan Google Photos versi ringan. Sebagaimana beberapa aplikasi berembel-embel "Go" lainnya, Gallery Go juga mengonsumsi data yang lebih sedikit dibanding Google Photos reguler.

Baca juga: Google Photos Hentikan Penyimpanan Tak Terbatas untuk Video Tertentu

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber 9to5Google


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com