Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bayar SIM Kini Bisa Pakai GoPay

Kompas.com - 26/08/2019, 16:34 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Layanan pembayaran digital milik Go-Jek, GoPay semakin gencar meningkatkan layanannya. Bekerja sama dengan Polda Metro Jaya, GoPay kini bisa digunakan untuk melakukan pembayaran pembuatan dan perpanjangan SIM.

Polda Metro Jaya menjadi Polda pertama di Indonesia yang mengesahkan pembayaran non-tunai untuk transaksi pengumpulan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP), yang dalam hal ini adalah pembuatan dan perpanjangan SIM.

"Polda Metro Jaya terus berupaya meningkatkan layanan publik, salah satunya dengan mengikuti perkembangan teknologi," ujar Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusuf.

"Kali ini, kami menggandeng GoPay menghadirkan inovasi pembayaran non-tunai untuk pembuatan dan perpanjangan SIM," lanjutnya dalam keterangan resmi yang diterima KompasTekno, Senin (26/8/2019).

Baca juga: Kirim Paket JNE Bisa Bayar Pakai GoPay

Sebagai langkah awal, layanan pembayaran SIM non-tunai ini mulai bisa dimanfaatkan masyarakat di Polda Metro Jaya Daan Mogot, Jakarta Barat.

Nantinya, wilayah Polda Metro Jaya lain akan mengadopsi layanan ini pula, termasuk layanan SIM keliling dan gerai pelayanan Satuan Penyelenggara Administrasi SIM (Satpas).

Cara bayar SIM dengan GoPay

Cara transaksi PNBP SIM dengan GoPay sama dengan melakukan transaki di merchant. Cukup buka aplikasi Go-Jek, lalu pilih menu "Bayar" dan pindai kode QR yang tertera di loket pembayaran PNBP SIM. Kemudian, masukan nominal uang yang harus dibayarkan.

Head of Ecosystem Expansion GoPay, Edwin Ariono mengatakan bahwa pihaknya menyambut baik kerja sama ini demi meningkatkan layanan publik melalui teknologi.

"Melalui kerja sama ini, kami tidak hanya berupaya untuk memudahkan masyarakat namun juga pemerintah dan kepolisian dalam mengumpulkan PNBP sehingga menjadi lebih aman dan transparan," ujar Edwin.

Baca juga: Bayar Pengamen Pun Sekarang Bisa Pakai Go-Pay

Sebelumnya, Go-Jek dan GoPay juga telah melakukan kerja sama dengan Polres di 9 kota dan kabupaten di seluruh Indonesia, yakni Gresik, Bekasi, Kota & Kabupaten Mojokerto, Sidoarjo, Pacitan, Madiun, Surabaya, dan Samarinda.

Kerja sama tersebut baru meliputi layanan transaksi pembayaran perpanjangan SIM melalui GoPay. Edwin berharap, wilayah lain di Indonesia akan bisa segera memanfaatkan layanan ini ke depannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com