Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ponsel Android dan iPhone Bekas Bisa Dijadikan CCTV, Begini Caranya

Kompas.com - 26/08/2019, 20:05 WIB

KOMPAS.com - Kamera yang terpatri di smartphone Android atau iPhone sejatinya memiliki fungsi utama untuk memotret objek atau merekam berbagai macam momen.

Nah, siapa sangka kamera smartphone juga bisa dialihfungsikan sebagai kamera Closed Circuit Television atau CCTV. Kamera CCTV biasanya digunakan untuk memantau kondisi di dalam atau sekeliling rumah.

Dibandingkan kamera CCTV konvensional, smartphone memiliki satu kelebihan, yaitu dari segi fleksibilitas, di mana ponsel memang bisa diletakkan di seluruh penjuru rumah dengan mudah. 

Lantas, bagaimana cara mengalih-fungsikan sebuah smartphone manjadi sebuah kamera bak CCTV?

Baca juga: Xiaomi Redmi Note 4 Meledak Terekam CCTV

Sebelum menjawab pertanyaan itu, simak dulu sejumlah hal yang harus dipersiapkan sebagaimana dirangkum KompasTekno dari GadgetsNow, Senin (19/8/2019).

Hal yang harus disiapkan

Pertama, siapkan dua buah smartphone, bisa Android atau iPhone. Kedua ponsel itu nantinya bakal memiliki fungsi berbeda. Sebut saja ponsel A sebagai kamera CCTV dan ponsel B sebagai perangkat untuk memonitor kamera tersebut.

Kedua, siapkan adapter charger atau power bank untuk mengisi daya smartphone. Jika menggunakan charger, pastikan ponsel A diletakkan di dekat sumber listrik.

Ketiga, siapkan akun Google baru atau akun yang tidak terpakai. Hal ini bertujuan untuk mengantisipasi masalah-masalah keamanan atau privasi, yang mungkin bisa saja terjadi ketika Anda menggunakan aplikasi kamera CCTV yang akan digunakan.

Keempat, unduh aplikasi Alfred Home Camera Security di PlayStore untuk ponsel Android, atau AppStore untuk iOS/iPhone. Aplikasi ini harus dipasang di dua ponsel yang sudah disiapkan sebelumnya.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.