Kompas.com - 27/08/2019, 17:04 WIB

KOMPAS.com - Setelah namanya diperkenalkan pada pekan lalu, sistem operasi (OS) penerus Android 9.0 Pie, yakni Android 10 kabarnya bakal diluncurkan dalam waktu dekat.

Informasi ini berasal dari konfirmasi langsung oleh staf Google Support yang dikumpulkan situs PhoneArena.

Saat ditanya tentang kapan pembaruan OS akan meluncur, para agen layanan dukungan Google ini sesumbar Android 10 bakal dirilis pada 3 September mendatang.

Ilustrasi informasi yang diberikan oleh Google Support terkait Android 10PhoneArena Ilustrasi informasi yang diberikan oleh Google Support terkait Android 10

"Saya ingin menginformasikan bahwa Android 10 bakal digulirkan ke perangkat pada 3 September 2019," kata seorang agen Google Support.

Baca juga: Google Umumkan Nama untuk Android Q dan Logo Baru Android

Kendati begitu, tidak semua ponsel Android akan mendapatkan update OS Android 10 pada tanggal tersebut. Namun akan disebar secara bertahap.

Dirangkum KompasTekno dari PhoneArena, Selasa (27/8/2019), ponsel yang bakal mendapatkan update OS ini adalah jajaran smartphone seri Pixel, mulai dari Pixel 2/2 XL, 3/3 XL, dan 3a/3a XL.

Uniknya, generasi pertama dari seri ponsel Pixel dan Pixel XL, yang diluncurkan pada 2016 silam, juga bakal mendapatkan pembaruan Android 10.

Ini menjadi menarik lantaran pembaruan perangkat lunak biasanya hanya dijamin 2 tahun, sementara ponsel itu sendiri sudah dirilis sejak 3 tahun lalu. Terlepas dari itu, belum ada informasi kapan ponsel Android lainnya bakal mendapatkan update Android 10.

Baca juga: Kisah Android, dari OS Kamera hingga Logo yang Terinspirasi Toilet

Namun, untuk ponsel-ponsel flagship Samsung teranyar, seperti jajaran seri Galaxy S10 dan Galaxy Note 10, kabarnya bakal mendapat update Android 10 dengan antarmuka OneUI 2.0, paling cepat pada Januari 2020 mendatang.

Untuk diketahui, Android 10 sendiri merupakan OS Android pertama yang diberi nama tanpa embel-embel makanan manis/kue.

Menurut informasi di ranah maya, ada sejumlah fitur terbaru yang bakal disematkan pada Android 10. Beberapa di antaranya adalah dukungan antarmuka untuk ponsel lipat, 5G, Live Captions, Smart Reply, fitur pembaruan senyap, hingga mode gelap (Dark Mode).


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.