Kompas.com - 27/08/2019, 18:45 WIB
James Lu, Senior Manager EMUI Product Marketing Huawei, dalam acara temu media di Jakarta, Selasa (27/8/2019). KOMPAS.com/Wahyunanda Kusuma PertiwiJames Lu, Senior Manager EMUI Product Marketing Huawei, dalam acara temu media di Jakarta, Selasa (27/8/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Banyak kabar simpang siur yang berkembang tentang sistem operasi mobile buatan Huawei, HarmonyOS.

Awalnya, HarmonyOS atau yang di China disebut HongmengOS, digadang-gadang sebagai pengganti OS Android apabila pemerintah AS melanjutkan pemblokiran. Namun Huawei dengan tegas menyanggahnya.

"HarmonyOS bukanlah alternatif atau pengganti Android. HarmonyOS dibuat untuk menghubungkan ekosistem secara mulus," ujar James Lu, Senior Manager EMUI Product Marketing Huawei, dalam acara temu media di Jakarta, Selasa (27/8/2019).

Alasannya menurut Huawei, Android merupakan sistem operasi yang sudah matang untuk smartphone dan tablet. Android juga lebih fleksibel, sehingga vendor lain bisa memadukannya dengan OS bikinan sendiri, seperti EMUI.

Baca juga: Kapan Ponsel HarmonyOS Huawei Meluncur?

"HarmonyOS akan siap digunakan untuk smartphone apabila kami tidak bisa menggunakan Android lagi," lanjutnya.

Akan tetapi, James tidak menyebut kapan HarmonyOS akan siap diaplikasikan untuk smartphone. Ia hanya menyebut Huawei akan membuatnya lebih siap ketika mereka membutuhkannya, tapi tidak untuk sekarang.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menghubungkan perangkat

James menjelaskan bahwa HarmonyOS adalah sistem operasi masa depan yang menghubungkan perangkat satu sama lain dengan satu sistem operasi, sesuai namanya.

Sehingga perangkat seperti wearable device, smartphone, smart TV, speaker dan sebagainya bisa saling terkoneksi hanya dengan basis satu OS saja.

Meski banyak smartphone dan tablet masih bertahan dengan Android, namun James mengatakan perangkat tersebut tetap akan bisa terhubung dengan perangkat lain berbasis HarmonyOS.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.