Huawei Perkenalkan EMUI 10, Ada "Dark Mode" hingga Fitur Mirip "Samsung Dex"

Kompas.com - 28/08/2019, 08:25 WIB
Jame Lu, Senio Manager EMUI Product Marketing Huawei saat memaparkan EMUI 10 di Jakarta Wahyunanda Kusuma/Kompas.comJame Lu, Senio Manager EMUI Product Marketing Huawei saat memaparkan EMUI 10 di Jakarta

JAKARTA, KOMPAS.com - Huawei memperkenalkan sistem operasi EMUI 10 yang diklaim hadir dengan desain antarmuka yang lebih cantik dibanding versi sebelumnya. EMUI 10 membawa beberapa fitur baru dan beberapa peningkatan fitur dari EMUI 9.

Fitur lama yang ditingkatkan salah satunya adalah " Dark Mode" atau mode malam yang versi terbarunya disebut "Human Centered Dark Mode".

Kini, mode gelap Huawei diklaim lebih nyaman di mata karena memadukan warna gelap dan terang dari teks dengan lebih lembut.

"Jika dilihat, warna putih dan warna biru di dark mode lama lebih terang dibanding yang baru. Berdasarkan hasil uji lab internal kami, pengguna lebih nyaman dengan desain dark mode baru," jelas James Lu, Senior Manager EMUI Product Marketing saat mempresentasikan EMUI10 di depan awak media di Jakarta, Selasa (28/8/2019).

Lu menambahkan, EMUI10 juga menghadirkan Dark Mode untuk aplikasi ketiga. Untuk antarmuka, EMUI10 menghadirkan desain yang disebut "Magazine Style".

Disebut demikian karena Huawei mengadopsi layout majalah dengan "header" atau judul dan margin yang lebar sehingga lebih enak dipandang.

Desain ini sekilas mirip dengan One UI Samsung atau iOS versi terbaru. Hanya saja "header' untuk menampilkan nama menu tidak terlalu lebar dibanding One UI.

EMUI 10 dengan desain antarmuka Magazine StyleWahyunanda Kusuma/Kompas.com EMUI 10 dengan desain antarmuka Magazine Style
Warna teks dan beberapa ikon juga sedikit dipermak. Lu mengatakan, warna teks pada layar bisa berubah sewaktu-waktu. Ikon aplikasi kini juga lebih diperkecil dan saturasi warna yang lebih tinggi.

Huawei juga menghadirkan fitur "Multi-screen collaboration" yang bisa menghubungkan smartphone dengan laptop secara wireless.

"Setelah terhubung, sekarang Anda bisa menggunakan keyboard laptop untuk smartphone, memindahkan file dari laptop ke HP dengan menggesernya (drag)", terang Lu.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X