Kompas.com - 28/08/2019, 10:39 WIB
Ilustrasi fitur Walkie-Talkie di Apple Watch. AppleIlustrasi fitur Walkie-Talkie di Apple Watch.

KOMPAS.com - Apple Watch memiliki fitur walkie-talkie yang memungkinkan penggunanya untuk bercakap-cakap sesama pengguna Apple Watch dengan menekan tombol tertentu. Fitur yang hampir mirip kabarnya sempat ingin dibuat Apple untuk iPhone.

Sayangnya, rencana itu harus disetop dan belum berlanjut saat ini. Fitur serupa walkie-talkie ini konon dikembangkan bersama Intel, salah satu pemasok modem untuk iPhone.

Dilansir KompasTekno dari Uber Gizmo, Rabu (28/8/2019), alasan berhentinya pengembangan fitur ini salah satunya disebabkan oleh mundurnya Rubén Caballero yang mengepalai proyek ini.

Rubén Caballero yang bergabung dengan Apple sejak 2005, juga mengepalai proyek modem 5G di Apple. Mundurnya Caballero menyebabkan perubahan struktur divisi modem Appple.

Kendati demikian, peluang fitur walkie-talkie untuk tertanam di iPhone masih ada. Apalagi setelah Apple mengakuisisi bisnis modem smartphone Intel beberapa waktu lalu, dengan nilai 1 miliar dollar AS (Rp 14,2 triliun).

Baca juga: Instagram Rilis Fitur Walkie-Talkie Serupa Voice Note WhatsApp

Akuisisi ini mengangkut 2.200 karyawan Intel ke Apple dan juga pengambil alihan kekayaan intelektual dan perlengkapan dari Intel.

Apple disebut-sebut berambisi ingin mengembangkan modemnya sendiri dengan membuka lowongan pekerja sebagai teknisi chip dan modem di dua pabriknya, yakni Santa Clara dan San Diego.

Apabila setelah akuisisi ini fitur walkie-talkie terwujud, nantinya pengguna iPhone akan bisa saling berkomunikasi tanpa pulsa atau koneksi internet. Kemungkinan, fitur ini akan mengandalkan spektrum radio 900 MHz.

Ini agak berbeda dengan walkie-talkie di Apple Watch yang masih mengandalkan koneksi WiFi atau seluler. Belum ada pernyataan resmi dari Apple apakah fitur ini akan kembali dikembangkan atau tidak.

Kita nantikan saja di iPhone terbaru yang kabarnya akan rilis bulan depan.

Baca juga: Fitur Walkie-Talkie Apple Watch Sudah Bisa Digunakan Lagi

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Ubergizmo
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.