Jumat Pagi, Layanan Seluler di Jayapura Masih Gangguan

Kompas.com - 30/08/2019, 07:54 WIB
Asap mengepul dari salah satu bangunan yang dibakar massa dalam aksi protes yang berujung anarkis di Jayapura, Kamis (29/8/2019). KOMPAS.com/DHIAS SUWANDIAsap mengepul dari salah satu bangunan yang dibakar massa dalam aksi protes yang berujung anarkis di Jayapura, Kamis (29/8/2019).
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - Hingga Jumat (30/8/2019) pagi, layanan komunikasi telepon seluler di Jayapura masih mengalami gangguan.

Kantor berita Antara melaporkan pada pukul 6.30 WIT atau pukul 04.30 WIB, panggilan telepon ke luar atau masuk bisa terhubung, namun mengalami gangguan seperti suara yang tidak jelas terdengar.

Demikian pula dengan koneksi internet seluler. Beberapa layanan operator di Jayapura tidak bisa digunakan.

Satu-satunya komunikasi yang bisa diandalkan saat ini hanyalah pesan singkat SMS, yang sudah bisa dilakukan pada Jumat pagi waktu Jayapura.

Baca juga: Kominfo Blokir Penuh Akses Internet di Papua dan Papua Barat, Sampai Kapan?

Sebelumnya, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara menyatakan tidak ada kebijakan pemutusan sementara layanan suara, hanya layanan data (internet) saja yang dibatasi.

"Yang terjadi di Jayapura, ada yang memotong kabel utama jaringan optik Telkomsel yang mengakibatkan matinya seluruh layanan telekomunikasi di beberapa wilayah Jayapura," demikian pernyataan resmi Rudiantara.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Telkomsel sedang berusaha untuk memperbaiki kabel yang diputus atau melakukan pengalihan trafik, agar layanan suara dan SMS bisa segera difungsikan kembali.

"Kami juga sudah koordinasi dengan POLRI/TNI untuk membantu pengamanan perbaikan di ruang terbuka," lanjut Rudiantara, dirangkum KompasTekno dari Antara.

Baca juga: Internet di Papua Dimatikan, Apa Kabar Trafik XL?

Aksi massa buntut dugaan tindak rasisme kepada mahasiswa Papua di Surabaya dan Malang beberapa waktu lalu masih berlangsung hingga Kamis (29/8/2019) sore di Jayapura.

Aksi ini dikabarkan menyebabkan kerusakan sejumlah fasilitas umum. Massa membakar beberapa gedung, seperti kantor Telkom, kantor pos, SPBU, dan kantor Majelis Rakyat Papua (MRP) yang berlokasi di Jalan Raya Abepura.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Sumber Antara
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.