Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jumat Pagi, Layanan Seluler di Jayapura Masih Gangguan

Kompas.com - 30/08/2019, 07:54 WIB
Reska K. Nistanto,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber Antara

KOMPAS.com - Hingga Jumat (30/8/2019) pagi, layanan komunikasi telepon seluler di Jayapura masih mengalami gangguan.

Kantor berita Antara melaporkan pada pukul 6.30 WIT atau pukul 04.30 WIB, panggilan telepon ke luar atau masuk bisa terhubung, namun mengalami gangguan seperti suara yang tidak jelas terdengar.

Demikian pula dengan koneksi internet seluler. Beberapa layanan operator di Jayapura tidak bisa digunakan.

Satu-satunya komunikasi yang bisa diandalkan saat ini hanyalah pesan singkat SMS, yang sudah bisa dilakukan pada Jumat pagi waktu Jayapura.

Baca juga: Kominfo Blokir Penuh Akses Internet di Papua dan Papua Barat, Sampai Kapan?

Sebelumnya, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara menyatakan tidak ada kebijakan pemutusan sementara layanan suara, hanya layanan data (internet) saja yang dibatasi.

"Yang terjadi di Jayapura, ada yang memotong kabel utama jaringan optik Telkomsel yang mengakibatkan matinya seluruh layanan telekomunikasi di beberapa wilayah Jayapura," demikian pernyataan resmi Rudiantara.

Telkomsel sedang berusaha untuk memperbaiki kabel yang diputus atau melakukan pengalihan trafik, agar layanan suara dan SMS bisa segera difungsikan kembali.

"Kami juga sudah koordinasi dengan POLRI/TNI untuk membantu pengamanan perbaikan di ruang terbuka," lanjut Rudiantara, dirangkum KompasTekno dari Antara.

Baca juga: Internet di Papua Dimatikan, Apa Kabar Trafik XL?

Aksi massa buntut dugaan tindak rasisme kepada mahasiswa Papua di Surabaya dan Malang beberapa waktu lalu masih berlangsung hingga Kamis (29/8/2019) sore di Jayapura.

Aksi ini dikabarkan menyebabkan kerusakan sejumlah fasilitas umum. Massa membakar beberapa gedung, seperti kantor Telkom, kantor pos, SPBU, dan kantor Majelis Rakyat Papua (MRP) yang berlokasi di Jalan Raya Abepura.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber Antara


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com