Layanan Telepon dan SMS Indosat di Papua Sudah Kembali Normal

Kompas.com - 30/08/2019, 10:33 WIB
Logo Indosat Ooredoo IndosatLogo Indosat Ooredoo
Penulis Bill Clinten
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - Kerusuhan yang terjadi di sejumlah tempat di beberapa tempat di Papua menyebabkan layanan operator seluler sempat mengalami gangguan, termasuk telepon dan SMS Indosat Ooredoo.

Berdasarkan informasi yang diperoleh KompasTekno, layanan telepon dan SMS Indosat sempat terganggu selama beberapa jam karena putusnya aliran listrik ke pemancar sinyal (BTS).

Baca juga: Jumat Pagi, Layanan Seluler di Jayapura Masih Gangguan

Namun, pagi ini, Jumat (30/8/2019), Indosat menyatakan bahwa layanan SMS dan teleponnya sudah bisa dipakai dengan normal oleh para pelanggan di Papua.

Hal tersebut disampaikan oleh SVP Head of Corporate Communications Indosat Ooredoo, Turina Farouk melalui keterangan tertulis kepada KompasTekno.

Meski demikian, di luar telepon dan SMS, untuk layanan data internet, Indosat masih mengikuti arahan dari pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika soal pembatasan layanan data di Papua.

"Kami akan terus mendukung berbagai upaya pemerintah dalam pemulihan situasi terakhir di Papua," ujar Turina.

Selain Indosat, XL Axiata juga mengalami gangguan layanan data dan SMS akibat sambungan listrik ke BTS yang terputus.  XL menyatakan akan berupaya memulihkan layanan dengan mengerahkan genset ke BTS terdampak begitu situasi memungkinkan.

Baca juga: Layanan SMS dan Telepon XL di Papua Terganggu karena Pemadaman Listrik

Telkomsel turut mengalami gangguan karena sebab lain, yakni terputusnya jaringan kabel serat optik. Menjelang siang hari ini, operator pelat merah tersebut menyatakan layanan telepon dan SMS telah berangsur pulih di sejumlah titik di Papua.

Sebelumnya, Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara menyatakan tidak ada kebijakan pemutusan sementara layanan suara atau SMS di Papua, hanya layanan data internet seluler saja yang dibatasi.

Belum jelas kapan Kementerian Kominfo akan kembali membuka akses internet di wilayah Papua.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X