Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Layanan Telepon dan SMS Indosat di Papua Sudah Kembali Normal

Kompas.com - 30/08/2019, 10:33 WIB
Bill Clinten,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kerusuhan yang terjadi di sejumlah tempat di beberapa tempat di Papua menyebabkan layanan operator seluler sempat mengalami gangguan, termasuk telepon dan SMS Indosat Ooredoo.

Berdasarkan informasi yang diperoleh KompasTekno, layanan telepon dan SMS Indosat sempat terganggu selama beberapa jam karena putusnya aliran listrik ke pemancar sinyal (BTS).

Baca juga: Jumat Pagi, Layanan Seluler di Jayapura Masih Gangguan

Namun, pagi ini, Jumat (30/8/2019), Indosat menyatakan bahwa layanan SMS dan teleponnya sudah bisa dipakai dengan normal oleh para pelanggan di Papua.

Hal tersebut disampaikan oleh SVP Head of Corporate Communications Indosat Ooredoo, Turina Farouk melalui keterangan tertulis kepada KompasTekno.

Meski demikian, di luar telepon dan SMS, untuk layanan data internet, Indosat masih mengikuti arahan dari pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika soal pembatasan layanan data di Papua.

"Kami akan terus mendukung berbagai upaya pemerintah dalam pemulihan situasi terakhir di Papua," ujar Turina.

Selain Indosat, XL Axiata juga mengalami gangguan layanan data dan SMS akibat sambungan listrik ke BTS yang terputus.  XL menyatakan akan berupaya memulihkan layanan dengan mengerahkan genset ke BTS terdampak begitu situasi memungkinkan.

Baca juga: Layanan SMS dan Telepon XL di Papua Terganggu karena Pemadaman Listrik

Telkomsel turut mengalami gangguan karena sebab lain, yakni terputusnya jaringan kabel serat optik. Menjelang siang hari ini, operator pelat merah tersebut menyatakan layanan telepon dan SMS telah berangsur pulih di sejumlah titik di Papua.

Sebelumnya, Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara menyatakan tidak ada kebijakan pemutusan sementara layanan suara atau SMS di Papua, hanya layanan data internet seluler saja yang dibatasi.

Belum jelas kapan Kementerian Kominfo akan kembali membuka akses internet di wilayah Papua.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com