Aplikasi Office di Android dan iOS Dapat Mode Gelap

Kompas.com - 30/08/2019, 18:11 WIB
Ilustrasi Microsoft Office smartphone dalam mode gelap. Medium.comIlustrasi Microsoft Office smartphone dalam mode gelap.

KOMPAS.com - Setelah hampir satu tahun dikembangkan, Microsoft akhirnya meluncurkan tampilan antarmuka serba hitam ( dark mode) pada salah satu aplikasi Microsoft Office di iOS dan Android, yaitu Microsoft Outlook. 

Tampilan mode gelap ini, yang hadir pertama kali hadir di aplikasi  Microsoft Office 2010, dihadirkan sebagai hasil kolaborasi dari tim desain internal Microsoft demi menghadirkan kenyamanan dalam menggunakan aplikasi Microsoft Office.

Ada beberapa keuntungan tersendiri ketika pengguna menerapkan mode gelap di aplikasi Microsoft Outlook ini.

Selain ramah untuk mata, mode itu juga bisa menghemat daya, khususnya untuk smartphone dengan panel AMOLED, lantaran layarnya tidak perlu banyak mengonsumsi listrik untuk menyinari piksel yang gelap.

Baca juga: Cara Mengaktifkan Mode Gelap di Aplikasi-aplikasi Google

Pengguna bisa mengaktifkan mode gelap ini secara otomatis melalui fitur Battery Saver pada aplikasi Microsoft Outlook.

Nantinya, bersamaan dengan versi Android (Android 10) dan iOS (iOS 13) teranyar, Microsoft sesumbar bakal ada fitur yang memungkinkan pengguna untuk mengubah tampilan aplikasi Microsoft Office mereka ke dark mode secara otomatis tanpa harus pergi ke menu pengaturan. 

Selain Microsoft Outlook, pihak Microsoft mengonfirmasi bakal menghadirkan fitur dark mode di sejumlah aplikasi Microsoft Office mobile lainnya, seperti Word, Excel, OneNote, PowerPoint, SharePoint, OneDrive, Planner, dan To-Do.

Di aplikasi-aplikasi ini, tampilan dark mode bisa diterapkan ketika sistem operasi iOS versi 13 sudah dirilis. 

Tidak disebutkan apakah tampilan dark mode  tersebut bakal turut diterapkan di aplikasi Microsoft Office versi Android atau tidak.

Baca juga: Microsoft Tak Sengaja Bocorkan Tombol “Start” Windows 10 yang Baru

Terlebih, belum ada timeline pasti terkait kapan fitur dark mode diluncurkan di sejumlah aplikasi tersebut.

Selain Microsoft Outlook versi smartphone, Microsoft juga meluncurkan tampilan serba hitam di layanan Microsoft Office versi daring, Office.com, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Medium, Jumat (30/8/2019).

Di samping Office.com, layanan OneDrive dan To-Do juga rencananya bakal bisa menerapkan tampilan serba gelap ini.

Meski demikian, belum diketahui kapan fitur tersebut diimplementasikan.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber Medium
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X