Peluncuran Huawei Mate 30 Bakal Tertunda?

Kompas.com - 02/09/2019, 07:52 WIB
Tampak depan Huawei Mate 20 (kanan) dan Mate 20 Pro. KOMPAS.com/ BILL CLINTENTampak depan Huawei Mate 20 (kanan) dan Mate 20 Pro.

KOMPAS.com - Huawei digadang-gadang bakal meluncurkan smartphone flagship terbarunya, Huawei Mate 30 pada pertengahan September mendatang.

Menurut kabar yang beredar, ponsel flagship Huawei Mate 30 bakal meluncur 19 September mendatang di Munich, Jerman.

Kendati mendekati waktu peluncuran, nasib penjualan perangkat itu belum jelas, bahkan menurut seorang sumber yang dekat dengan permasalahan ini, peluncuran Huawei Mate 30 berpotensi ditunda.

Hal ini disebabkan oleh kisruh perang dagang antara Amerika Serikat (AS) dan China yang tak kunjung berakhir, dan justru makin memanas.

Adapun persoalan yang menjadi masalah bagi Huawei, yang kemungkinan berdampak pada penjualan Mate 30, adalah pemblokiran aplikasi dan layanan Google di ponsel flagship tersebut.

Baca juga: Huawei Mate 30 Terancam Tidak Bisa Memakai Aplikasi dan Layanan Google

Ponsel yang diduga kuat bakal ditenagai chipset Kirin 990 dan konektivitas 5G itu disebut tidak akan memiliki aplikasi dan layanan Google secara sistem (bawaan). 

Google, sebagai perusahaan yang bermarkas di AS dan pembuat sistem operasi Android, berbuat demikian lantaran memang dilarang berbisnis dengan perusahaan asal China, dalam hal ini Huawei.

Perusahaan-perusahaan AS sendiri sebenarnya bisa mengajukan lisensi agar tetap diperbolehkan berdagang dengan Huawei selama masa penangguhan.

Namun, Google tak menjelaskan apakah akan meminta lisensi supaya bisa terus memasok aplikasi dan layanannya kepada Huawei atau tidak.

Sejauh ini Departemen Perdagangan AS telah menerima lebih dari 130 permohonan lisensi dari berbagai perusahaan AS yang ingin tetap berbisnis dengan Huawei, tapi belum ada satu pun yang dikabulkan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber CNBC
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X