Google Temukan Celah Keamanan yang Tersembunyi 2 Tahun di iPhone

Kompas.com - 02/09/2019, 18:01 WIB
Ilustrasi logo Apple di depan Apple Store Beijing KOMPAS.com/Bill ClintenIlustrasi logo Apple di depan Apple Store Beijing
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - Di dunia teknologi tak ada yang benar-benar aman, termasuk iPhone yang oleh Apple diklaim menjaga ketat kerahasiaan data pengguna.

Tim keamanan Google baru-baru ini menemukan serangkaian celah keamanan yang keberadaannya tidak diketahui selama dua tahun di perangkat lunak iPhone.

Celah keamanan itu, menurut tim Google Project Zero, memungkinkan peretas untuk mendapatkan akses ke foto, informasi lokasi, hingga pesan pribadi milik pengguna.

Baca juga: Ada Celah Berbahaya di Snapdragon, Pemilik 34 Ponsel Ini Wajib Update

Ada sebanyak 14 celah yang dapat digunakan peretas untuk mengambil informasi pribadi dari perangkat iPhone. Sebanyak tujuh celah berada di browser web, kemudian lima lainnya pada kernel dan dua lainnya terpisah pada sandbox.

Pihak Google mengatakan celah-celah keamanan terkait bisa dipakai menyasar pengguna iPhone manapun lewat halaman web yang disisipi program jahat.

"Peretas dapat memiliki akses ke semua file database di ponsel korban yang juga digunakan oleh aplikasi seperti WhatsApp, Telegram dan iMessage yang memiliki enkripsi end-to-end," ujar Google.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Google Temukan Celah Keamanan di iMessage Apple

Untungnya, seperti dirangkum KompasTekno dari CNBC, Senin (2/9/2019), celah-celah keamanan dimaksud sudah ditambal oleh Apple lewat pembaruan software pada Februari lalu, setelah diberitahu oleh Google.

Sebab itulah pihak Google sekarang bisa mengungkap keberadaan mereka ke publik. Apple sendiri selaku pembuat iPhone menolak berkomentar soal ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber CNBC
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.