Huawei Umumkan Tanggal Peluncuran Ponsel Mate 30

Kompas.com - 03/09/2019, 07:01 WIB
Render Huawei Mate 30 dengan kamera belakang membulat. Digital TrendsRender Huawei Mate 30 dengan kamera belakang membulat.
Penulis Oik Yusuf
|

KOMPAS.com - Huawei sedang bersiap memperkenalkan smartphone flagship terbarunya dari seri Mate 30. Kini, raksasa China tersebut telah resmi mengumumkan tanggal peluncuran lini ponsel dimaksud.

"Apakah Anda menebaknya dengan benar? Hitung mundur menuju #HuaweiMate30 dimulai sekarang!" kicau Huawei melalui akun Twitter resminya di @HuaweiMobile.

Tanggal peluncuran Huawei Mate 30 sendiri adalah 19 September 2019. Acara peluncuran akan dilangsungkan di kota Munich Jerman, dengan tagline "Rethink Possibilities".

Baca juga: Bocoran Tampang Huawei Mate 30 dengan Empat Kamera di Wadah Bundar

Ada sebuah animasi singkat yang memperlihatkan wujud lingkaran serupa lensa kamera. Kemungkinan ini merujuk pada modul quad-camera milik seri Mate 30 yang konon akan berbentuk bundar.

Mate 30 kabarnya akan ditenagai oleh SoC terkini dari Huawei, Kirin 990, yang kabarnya juga bakal diumumkan dalam waktu dekat, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari The Verge, Selasa (3/9/2019).

Meski bakal mengusung fitur serba canggih, gara-gara perang dagang antara AS dan China, belakangan terungkap ada batu sandungan besar yang bisa menghadang Huawei Mate 30 bahkan sebelum diluncurkan.

Baca juga: Huawei Mate 30 Terancam Tidak Bisa Memakai Aplikasi dan Layanan Google

Google disebut tidak akan menyediakan aneka layanannya di Mate 30, misalnya toko aplikasi Play Store dan aplikasi peta Google Maps. Sebab, penangguhan blokir untuk Huawei tak berlaku untuk perangkat baru seperti Mate 30.

Adapun sistem operasinya bisa tetap menggunakan Android, lantaran sifatnya memang open-source. Kalau benar demikian, penjualan Mate 30 di pasar di luar China bisa terancam karena layanan-layanan Google sudah jadi bagian tak terpisahkan dari ekosistem Android.

Kendati demikian, perkara ini masih belum jelas betul. Kepastiannya mungkin baru akan diketahui pada 19 September mendatang.

Baca juga: Peluncuran Huawei Mate 30 Bakal Tertunda?

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X