Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Membuka Kemasan dan Menjajal Tablet Premium Samsung Galaxy Tab S6

Kompas.com - 03/09/2019, 16:53 WIB
Yudha Pratomo,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pada awal Agustus lalu, Samsung telah merilis tablet premium terbarunya secara global. Di Indonesia, Galaxy Tab S6 sudah bisa dipesan secara pre-order mulai tanggal 2 September kemarin hingga 8 September mendatang.

KompasTekno berkesempatan untuk mencoba tablet penerus dari Galaxy Tab S4 ini dalam acara media experience di Jakarta, Selasa (3/9/2019). Samsung Galaxy Tab S6 datang dalam kotak kemasan yang masih tersegel utuh. 

Baca juga: Samsung Galaxy Tab S6 Meluncur, Harga Mulai Rp 10 Jutaan

Saat kotak pertama kali dibuka, Galaxy Tab S6 terlihat dibungkus dengan wadah berupa busa tipis sebagai pengaman. Isi dari kotak terdiri dari unit tablet, charger dengan port USB Type C, headset kabel dengan port yang sama, buku manual, serta SIM ejector tool.

Layar lebar tapi ringan

Samsung Galaxy Tab S6 mengusung layar seluas 10,5 inci WQXGA dengan panel Super AMOLED. Dengan ukuran tersebut, bobot tablet ini hanya sekitar 420 gram, terbilang cukup ringan dan nyaman ketika dibawa.

Samsung Galaxy Tab S6 memiliki desain latar dengan bezel yang tidak begitu tipis, namun kesan premiumnya tetap terlihat. Pasalnya bagian belakang tablet ini dibuat dari bahan aluminium yang tamapak solid dan elegan.

Isi kemasan dari Galaxy Tab S6. Yudha Pratomo/KompasTekno Isi kemasan dari Galaxy Tab S6.

Di bagian punggung tersebut terdapat dua buah kamera dengan resolusi sebesar 13 megapiksel dan 5 megapiksel. Sementara pada bagian depan terdapat kamera selfie sebesar 8 megapiksel.

Tablet ini memiliki sebanyak 4 speaker yang ditempatkan secara terpisah di bagian atas dan bawah. Pada bagian bawah, terdapat juga sebuah port USB Type C yang digunakan untuk mengisi daya dan sebagai keluaran suara port headset.

Pada bagian atas hanya terdapat dua buah speaker beserta satu buah lubang mikrofon.

Sementara di sisi kanan tablet, terdapat slot yang dapat menghubungkan perangkat dengan aksesoris berupa keyboard.

Baca juga: Harga Samsung Galaxy Tab S6 di Indonesia

Di sisi seberang terdapat tombol power, volume, serta slot kartu SIM dan penyimpanan eksternal yang terpasang secara hybrid. Pengguna harus memilih apakah ingin menggunakan Nano SIM atau MicroSD.

Ditenagai Snapdragon 855

Dapur pacu dari Samsung Galaxy Tab S6 mengandalkan  SoC Snapdragon 855 yang dipadankan dengan RAM 6GB serta penyimpanan internal 128GB.

Saat KompasTekno mencoba tablet ini dengan membuka beberapa aplikasi sekaligus, tablet dapat berjalan dengan lancar tanpa ada halangan. Selain itu Galaxy Tab S6 pun diklaim irit daya sehingga diklaim mampu bertahan satu hari penuh dalam satu kali pengisian daya.

Tampak belakang dari tablet Galaxy Tab S6. Yudha Pratomo/KompasTekno Tampak belakang dari tablet Galaxy Tab S6.

Samsung Galaxy Tab S6 sendiri dibekali dengan baterai sebesar 7.040 mAh dan 0,35 mAh untuk S Pen.

Halaman Berikutnya
Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com