Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toko Aplikasi Xiaomi Diklaim Punya 1,7 Juta Pengguna di Indonesia

Kompas.com - 04/09/2019, 18:45 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Toko aplikasi bikinan Xiaomi, Mi Apps Store yang kini berubah nama menjadi GetApps diklaim telah mengumpulkan 1,7 juta pengguna aktif harian di Indonesia pada Juli 2019.

Tahun lalu, toko aplikasi Xiaomi tercatat baru memiliki 700.000 pengguna aktif harian di Tanah Air.

"Pencapaian ini tidak lepas dari upaya Xiaomi untuk lebih lokal," ujar Ivonne Li, Head of GetsApp Xiaomi, dalam Konferensi Pengembang Aplikasi Xiaomi (MIDC) di Jakarta, Rabu (4/9/2019).

Baca juga: Toko Aplikasi Xiaomi Mi Apps Store Ganti Nama Jadi GetApps

Upaya lokal yang dimaksudkan Ivonne, misalnya terdapat dalam browser yang mendukung bahasa Indonesia, Mi Video, dan tema yang bekerja sama dengan para pengembang asal Indonesia.

Secara global, GetsApp memiliki 150 juta pengguna aktif yang tersebar di lima negara, mencakup China, India, Indonesia, Spanyol, dan Rusia.

Ivonne Li, Head of GetApps Xiaomi, saat menjelaskan tampilan baru toko aplikasi tersebut dalam acara Konferensi Pengembang Aplikasi Xiaomi (MIDC) di Jakarta, Rabu (4/9/2019).KOMPAS.com/ WAHYUNANDA KUSUMA PERTIWI Ivonne Li, Head of GetApps Xiaomi, saat menjelaskan tampilan baru toko aplikasi tersebut dalam acara Konferensi Pengembang Aplikasi Xiaomi (MIDC) di Jakarta, Rabu (4/9/2019).

Selain berganti nama menjadi GetApps, Xiaomi turut merombak tampilan toko aplikasinya. "Singkatnya, user interface kami lebih simpel, mulus, dan powerful," ujar Ivonne.

GetApps juga disebut lebih berwarna, namun tetap mempertahankan warna khas Xiaomi yakni jingga.

Secara fungsi, GetApps masih sama dengan Mi Apps Store, yakni sebagai platform toko aplikasi di mana pengembang bisa memajang aplikasinya, untuk diunduh oleh pengguna yang berminat.

Baca juga: IDC: Realme Masuk Lima Besar di Indonesia karena Xiaomi

GetApps akan bergulir secara bertahap ke perangkat Xiaomi melalui pembaruan MIUI.

Soal MIUI, Yajun Yan, Xiaomi Global Internet Business, sesumbar antarmuka buatannya itu telah memiliki 24 juta pengguna aktif bulanan di Indonesia.

Sementara secara global, MIUI diklaim memiliki 279 juta pengguna aktif bulanan yang tersebar di 220 negara dan mendukung 77 bahasa.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com