Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Chip Exynos 980 Meluncur dengan Modem 5G Terintegrasi

Kompas.com - 05/09/2019, 07:02 WIB
Oik Yusuf,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber CNET

KOMPAS.com - Samsung pekan ini memperkenalkan Exynos 980, chip mobile pertamanya, yang sudah dibekali dengan dukungan konektivitas 5G terintegrasi.

Modem 5G di Exynos 980 diklaim bisa menghasilkan kecepatan transfer data hingga 2,55 Gbps di spektrum sub-6 GHz. Standar WiFi 6 terbaru juga ikut didukung.

“Dengan Exynos 980 yang memiliki 5G terintegrasi, Samsung berupaya membuat 5G lebih mudah dijangkau oleh beragam konsumen,” sebut Vice President System LSI Marketing Samsung, Ben Hur, dalam sebuah pengumuman di situs Samsung.

Selain modem 5G, Exynos 980 turut dibekali CPU octa-core yang terdiri dari dua core Cortex-A77 berkecepatan tinggi dan empat core Cortex-A55 hemat daya. Pengolahan grafisnya dipercayakan ke GPU Mali-G76.

Baca juga: Samsung Galaxy A90 5G Resmi dengan Snapdragon 855 dan Modem X50

Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Cnet, Kamis (5/9/2019), untuk mendukung pengolahan AI, Exynos 980 turut menyematkan Neural Processing Unit (NPU) dengan kinerja yang diklaim hingga 2,7 kali lebih tinggi dibandingkan chip mobile terdahulu.

Dengan NPU ini, Samsung mengklaim tugas-tugas terkait pengolahan AI bisa langsung dilakukan di perangkat, alih-alih dibebankan ke server lewat cloud, sehingga bisa lebih menjaga privasi pengguna.

Untuk keperluan fotografi, Exynos 980 mendukung penggunaan kamera dengan resolusi 108 megapiksel. Image Signal Processor di chip ini sanggup mengolah data dari lima sensor kamera.

Baca juga: Samsung Umumkan RAM Jumbo untuk Ponsel 5G dan AI

Fitur lain termasuk dukungan multi-format codec (MFT) untuk encoding dan decoding video 4K UHD hingga 120 frame per detik, berikut dukungan format HDR10+.

Samsung dijadwalkan akan memulai produksi massal Exynos 980 menjelang akhir tahun ini. Ponsel pertama yang menggunakan chip tersebut mungkin akan hadir pada awal 2020 mendatang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber CNET


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com