XL Genjot Ekspansi Jaringan di Luar Jawa

Kompas.com - 05/09/2019, 15:56 WIB
Logo XL Axiata. XL AxiataLogo XL Axiata.

JAKARTA, KOMPAS.com - Operator seluler XL Axiata memprediksi persaingan industri telekomunikasi di paruh kedua tahun 2019 akan semakin sengit.

Perusahaan bernuasna biru ini pun memasang strategi, salah satunya memperkuat ekspansi ke luar Pulau Jawa yang sudah dilakukan sejak tiga tahun lalu.

"Selama semester satu, kami sudah menyelesaikan 90 persen dari rencana 2019, artinya ada 19.000 BTS dan rata-rata di luar Jawa," jelas Yessie Yosetya, Direktur Teknologi XL Axiata, dalam sebuah acara temu media di Jakarta, Kamis (5/9/2019).

Baca juga: XL Axiata Lirik Palapa Ring Tengah untuk BTS USO

Saat ini, total base tranceiver station (BTS) yang dimiliki Xl Axiata berjumlah 110.000 yang tersebar di 408 kota/kabupaten di seluruh Indonesia. Dari total tersebut, 37.000 BTS menopang jaringan 4G, di mana 14.000 di antaranya tersebar di luar Jawa.

“Seharusnya akhir 2019 ini ada 135.000 BTS yang mencakup hampir 95 persen populasi penduduk Indonesia dan (tersebar di) 440 kota/kabupaten," ujar Yessie.

Yessie Yosetya, Direktur Teknologi XL Axiata, ketika memaparkan ekspansi jaringan XL pada 2019 di Jakarta, Kamis (5/9/2019). KOMPAS.com/ WAHYUNANDA KUSUMA PERTIWI Yessie Yosetya, Direktur Teknologi XL Axiata, ketika memaparkan ekspansi jaringan XL pada 2019 di Jakarta, Kamis (5/9/2019).

XL Axiata juga akan memanfaatkan program Universal Service Obligation (USO) dari BAKTI Kominfo dengan target memasang 250 titik USO site dalam dua tahun.

Titik-titik tersebut akan tersebar di 51 kabupaten yang sebagian besar di antaranya ada di kawasan tengah dan timur Indonesia, termasuk NTT, Maluku, dan Papua.

"Kemudian dengan Palapa Ring, kami sudah engage dengan BAKTI untuk Palapa Ring barat dan tengah. Begitu timur selesai, kami akan menggunakan submarine cable yang dibangun untuk memperbaiki jaringan," jelas Yessie.

Fiberisasi untuk mendukung trafik

Selain itu, XL Axiata juga melanjutkan fiberisasi jaringan, baik di Pulau Jawa maupun luar Jawa.

Urgensi dari fiberisasi dikarenakan penggunaan data trafik internet semakin besar. XL menyebut kenaikan trafik dalam dua tahun terakhir di Jawa sudah lebih dari 5 kali lipat dan di wilayah luar Jawa rata-rata 3 kali lipat.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X