Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nokia 7.2 dan Nokia 6.2 Resmi, Tampilan Sama Spesifikasi Beda

Kompas.com - 06/09/2019, 14:51 WIB
Bill Clinten,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber GSM Arena

KOMPAS.com - HMD Global selaku pemilik merek ponsel Nokia meluncurkan dua perangkat smartphone Android teranyarnya di ajang IFA 2019 di Berlin, Jerman. Dua ponsel tersebut adalah Nokia 7.2 dan Nokia 6.2.

Keduanya memiliki fitur andalan berupa tiga kamera belakang yang ditempatkan di dalam wadah bundar bersama satu LED flash, lengkap dengan modul pemindai sidik jari di bawah susunan kamera tersebut.

Baca juga: Smartphone Nokia Ternyata Lebih Update Dibanding Samsung

Jika dilihat secara sekilas, desain kedua ponsel sangat mirip. Bahkan, hal yang membedakan  hanya embel-embel "Zeiss" di kamera belakang Nokia 7.2. Lalu, di mana letak perbedaan mereka?

Nokia 7.2

Nokia 7.2 mengandalkan tiga kamera belakang dengan lensa Zeiss yang masing-masing beresolusi 48 MP (teknologi pixel-binning), 8 MP (ultra wide-angle 118 derajat), dan 5 MP.

Kamera ketiga ini bisa digunakan untuk menerapkan efek bokeh yang didukung dengan teknologi dari Zeiss.

Kamera di bagian depannya sendiri beresolusi 20 megapiksel. Nokia 7.2 mengusung layar LCD seluas 6,3 inci dengan resolusi Full HD Plus.

Layar ini bisa menampilkan video dengan teknologi HDR10, sehingga konten yang ditampilkan akan lebih berwarna dari layar biasa.

Baca juga: Mantan Pegawai Ungkap Sebab Kegagalan Nokia Windows Phone

Performa Nokia 7.2 didukung oleh Snapdragon 660. Chip ini dipadankan dengan dua konfigurasi RAM 4 GB/6 GB dan media penyimpanan 64 GB/128 GB berjenis eMMC. Media penyimpanan ini bisa diperluas dengan micro SD (dedicated slot) hingga 512 GB.

Spesifikasi lainnya mencakup baterai 3.500 mAh, port USB-C, dan 3,5mm earphone jack. Ponsel ini menjalankan sistem operasi Android Pie versi polos (stock) tanpa antarmuka tambahan, layaknya ponsel Nokia lain. 

Nokia 7.2 juga mendapatkan jaminan pembaruan sistem operasi selama 2 tahun serta pembaruan keamanan selama 3 tahun dari Google lantaran merupakan ponsel Android One.

Nokia 7.2 bakal hadir sekitar akhir September dan dibanderol dengan harga termurah 300 Euro atau sekitar Rp 4,6 juta. Belum diketahui kawasan mana saja yang akan disambangi Nokia 7.2.

Nokia 6.2

Nokia 6.2 merupakan "adik kembar" dari Nokia 7.2. Sebab, desainnya memang sama namun spesifikasinya sedikit dipangkas.

Ponsel ini mengandalkan tiga konfigurasi kamera belakang yang masing-masing beresolusi 16 MP, 8 MP, dan 5 MP.

Halaman:
Sumber GSM Arena


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com