Nikon Mulai Rancang Kamera DSLR D6, Meluncur Tahun Ini?

Kompas.com - 07/09/2019, 16:09 WIB
Kamera DSLR Nikon D6 NikonKamera DSLR Nikon D6
Penulis Oik Yusuf
|

KOMPAS.com - Setelah menelurkan kamera seri D5 pada awal 2016, Nikon kini tengah menyiapkan DSLR penerusnya yang bernama D6. Pengembangan kamera tersebut resmi diumumkan oleh sang pabrikan Nepang pekan ini.

NIkon menjanjikan D6 bakal menjadi “digital SLR tercanggih” yang pernah dibuatnya. Perusahaan Jepang itu juga mempublikasikan foto Nikon D6 seperti terlihat di atas.

Sayangnya, selain klaim dan foto tadi, tak ada hal lain yang diumumkan oleh Nikon menyangkut D6. Spesifikasi kamera DSLR kelas flagship dengan sensor full-frame (FX) ini pun masih belum jelas.

Yang jelas, sebagai produk teratas di jajaran kamera DSLR Nikon, seri D “single digit” mulai dari D1 keluaran 1999 hingga D5 pada 2016 memang selalu dibekali dengan fitur-fitur teranyar dari Nikon.

Baca juga: Fotografer Indonesia Sabet Juara di Nikon Photo Contest 2019

Seperti seri 1D milik Canon, lini kamera D single-digit Nikon didesain untuk para profesional yang membutuhkan kamera tertangguh, terkencang, terandal, dan berkualitas terbaik. Bodinya berbentuk persegi karena memuat vertical grip terintegrasi.

Nikon D6 juga kemungkinan besar akan diluncurkan pada tahun ini, menilai dari pernyataan berikutnya dari Nikon, yang menyertai pengumuman pengembangan D6.

“Nikon merilis kamera digital SLR D1 pada 1999, sehingga tahun 2019 menandai ulang tahun ke-20 dari seri kamera D single-digit,” sebut Nikon, dirangkum KompasTekno dari PetaPixel, Sabtu (7/9/2019).

Kamera sebelumnya, D5, diluncurkan secara resmi dalam waktu hanya dua bulan setelah pengumuman pengembangannya. Begitu juga dengan D4S.

Baca juga: Nikon Berambisi Ungguli Sony dan Canon di Pasar Kamera Full-Frame

Selain kamera DSLR D6, pada kesempatan yang sama Nikon turut mengumumkan pengembangan lensa telephoto baru bernama AF-S Nikkor 120-300 mm f/2.8 SR VR.

“Tahun ini sekaligus menandai ulang tahun ke-60 dari (lensa) Nikon F-mount. Lensa AF-S Nikkor 120-300 mm f/2.8 SR VR akan memberikan dukungan lebih bagi para fotografer di bidang-bidang seperti olahraga,” ujar Nikon.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber PetaPixel
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X