Kompas.com - 09/09/2019, 06:55 WIB
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - Sesuai prediksi sebelumnya, dalam gelaran IFA 2019 di Berlin, Jerman, akhir pekan lalu, Huawei secara resmi memperkenalkan System-on-Chip terbarunya yang bernama Kirin 990 5G.

CEO Huawei Consumer Business Group, Richard Yu mengklaim bahwa Kirin 990 adalah chip mobile 5G pertama di dunia, dalam artian sudah dibekali model 5G terintegrasi sehingga tak membutuhkan komponen itu secara terpisah.

Baca juga: Chip Exynos 980 Meluncur dengan Modem 5G Terintegrasi

SoC kelas atas buatan vendor lain seperti Qualcomm Snapdragon 855 mesti dipasangkan dengan modem Snapdragon X50 supaya bisa tersambung ke jaringan 5G. Begitupun dengan Samsung Exynos 9825 yang membutuhkan modem 5G Exynos 5100.

Samsung sebenarnya sudah mengumumkan SoC Exynos 980 yang memiliki modem 5G terintegrasi, tapi produksi massalnya baru akan dimulai menjelang akhir tahun ini.

Sementara itu, Kirin 990 diprediksi bakal segera hadir di pasaran lewat seri ponsel Huawei Mate 30 yang akan meluncur pada 19 September mendatang.

Kirin 990 sendiri dibuat dengan fabrikasi 7nm. Kirin 990 5G memiliki sebanyak 8 inti CPU yang terbagi dalam tiga cluster, yakni 2 inti CPU Cortex A76 2,86 Ghz, 2 inti CPU Cortex A76 2,36 Ghz dan 4 inti CPU Cortex A55 1,95 Ghz.

Baca juga: Huawei Umumkan Tanggal Peluncuran Ponsel Mate 30

Dirangkum KompasTekno dari Engadget, Senin (9/9/2019), chip ini juga dibekali dengan GPU Mali G76 untuk pengolahan grafis.

Kecepatan transfer data internet Kirin 990 diklaim memiliki downlink rate tertinggi hingga mencapai 2,3 Gbps dan uplink hingga 1,25 Gbps.

Sementara, untuk kemampuan kecerdasan buatan (AI), Richard juga mengatakan bahwa Kirin 990 5G adalah chip pertama yang memiliki NPU dual-core berarsitektur Da Vinci.

Kirin 990 turut juga mengunggulkan kemampuan pengolahan foto yang diklaim dapat mengurangi tingkat noise yang setara dengan kemampuan pada kamera DSLR.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber ENGADGET
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.