Semenit, Bocah 8 Tahun Ini Hasilkan Rp 73 Juta dari YouTube

Kompas.com - 09/09/2019, 15:14 WIB
Ryan ToysReview YoutubeRyan ToysReview

KOMPAS.com - Menjadi seorang konten kerator di YouTube (YouTuber) kini menjadi sebuah profesi yang menjanjikan. Jika basis penggemar sudah melimpah, sang kreator bisa mendulang jutaan rupiah dalam waktu singkat.

Siapa pun bisa berkreasi di YouTube, tanpa terbatas usia, gender, atau lokasi. Contohnya Ryan, bocah asal Amerika Serikat berusia 8 tahun pemilik dari channel "Ryan ToysReview".

Meski baru berusia 8 tahun, Ryan adalah salah YouTuber dengan pendapatan yang melimpah. Bahkan namanya berada di peringkat paling atas sebagai YouTuber dengan pendapatan paling besar versi Forbes di tahun 2018.

Selama 2018 lalu, ia berhasil mendulang pendapatan sebesar 22 juta dollar AS (sekitar Rp 309 miliar) dari seluruh videonya. Jika dihitung, ia mendapatkan sekitar Rp 73 juta untuk setiap menit videonya.

Baca juga: Studi Ungkap Jenis Video yang Paling Laris Ditonton di YouTube

Dikutip KompasTekno dari Business Insider, Senin (9/9/2019), pendapatan Ryan melalui video ulasan mainan anak-anak bahkan mengalahkan YouTuber sekelas PewDiePie yang memperolah 15,5 juta dollar AS selama 2018.

Ryan sendiri pertama kali menjadi YouTuber pada 2015 lalu. Meski populer, Ryan tak banyak menampilkan informasi pribadinya ke hadapan publik. Ia merahasiakan nama lengkap dan alamat tempat tinggalnya pun tidak diketahui secara pasti.

Sosok Ryan memang tak berbeda dengan anak laki-laki berusia 8 tahun pada umumnya. Mungkin perbedaan Ryan dengan anak lain seusianya adalah ketika ia bermain, kegiatannya itu divideokan dan diunggah ke YouTube.

Meski sederhana, video Ryan itu membuatnya kini menjadi salah satu YouTuber terpopuler dengan lebih dari 21 juta pengikut.

Video Ryan sederhana itu menjadikan dia influencer online terpopuler dengan mempunyai 17,3 juta pengikut sejak ia meluncurkan saluran utamanya, Ryan ToysReview.

Baca juga: Bukan dari Iklan, Begini Cara YouTuber Meraup Pendapatan Besar

Tak heran jika pada akhirnya Ryan dinobatkan menjadi YouTuber termuda dengan penghasilan terbesar. Nama Ryan bahkan dinobatkan Forbes sebagai salah satu YouTuber dengan penghasilan terbanyak.

Puncak dari kepopuleran Ryan tercatat pada Juli tahun 2017. Videonya yang berjudul 100+ Cars Toys Giant Egg Surprise Opening Disney Pixar Lightning McQueen ditonton oleh lebih dari 500 juta kali di bulan tersebut.

Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X