Kompas.com - 10/09/2019, 08:03 WIB
Penulis Bill Clinten
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - Lebih dari 4 tahun semenjak debutnya pada pertengahan 2019, Windows 10 akhirnya bisa mendominasi pasaran sistem operasi PC.

Sebagian besar PC di dunia sudah menjalankan OS tersebut, dengan persentase 50,99 persen  menurut data terbaru dari firma riset pasar NetMarketShare.

Angka tersebut dicapai pada Agustus 2019. Pangsa pasar Windows 10 meningkat 2 persen dibandingkan bulan sebelumnya. 

Baca juga: Microsoft Ingatkan Usia Windows 7 Tinggal Setahun Lagi

Sebaliknya, jumlah pengguna Windows 7 justru mengalami penurunan sebesar 1,4 persen di waktu yang sama, tapi market share keseluruhannya masih berkisar di atas 30 persen.

Penurunan jumlah pengguna ini kemungkinan berasal dari efek dukungan pembaruan Windows 7 yang akan segera berakhir.

Pihak Microsoft akan mengakhiri segala jenis dukungan, mulai dari dukungan pembaruan hingga dukungan teknis, untuk Windows 7 pada Januari 2020 mendatang.

Kejar 1 miliar pengguna

Microsoft sendiri, pada bulan April 2015 lalu menargetkan bahwa Windows 10 bakal digunakan oleh 1 miliar pengguna pada tahun 2020.

Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari PCWorld, Senin (9/9/2019), saat ini pengguna Windows 10 tercatat sudah mencapai angka 800 juta, artinya masih tersisa beberapa bulan lagi bagi Microsoft untuk menggaet sekitar 200 juta pengguna tambahan. 

Kabarnya, untuk mencapai target itu, pihak Microsoft bakal membuat sistem prompt bagi para pengguna Windows 7. Prompt yang berbentuk pop-up ini nantinya akan muncul dan mengingatkan pengguna OS lawas ini agar beralih ke Windows 10.

Baca juga: Microsoft Tak Sengaja Bocorkan Tombol “Start” Windows 10 yang Baru

Halaman:
Sumber PC World


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.