Xiaomi Uji Coba Fitur untuk Hentikan Iklan di MIUI

Kompas.com - 11/09/2019, 10:16 WIB
Logo Xiaomi terpajang di kantor pusat Xiaomi Indonesia yang terletak di kawasan Pantai Indah Kapuk, Jakarta. YUDHA PRATOMO/KOMPAS.comLogo Xiaomi terpajang di kantor pusat Xiaomi Indonesia yang terletak di kawasan Pantai Indah Kapuk, Jakarta.
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - Bukan rahasia bahwa Xiaomi membenamkan iklan di dalam antarmuka MIUI miliknya. Iklan-iklan yang terkadang muncul secara tiba-tiba saat ponsel digunakan kerap mendapat protes keras dari para penggunanya.

Protes yang dilayangkan para pengguna tampaknya kini didengar oleh Xiaomi. Perusahaan asal China ini dikabarkan tengah menyiapkan sebuah tombol khusus yang berguna untuk menonaktifkan kemunculan iklan jika dirasa mengganggu.

Tombol tersebut tengah diujicoba dalam MIUI versi 9.8.29 yang digunakan di wilayah China. Dalam sebuah publikasi di Weibo, petinggi produk MIUI mengatakan bahwa tombol tersebut  juga akan tersedia pada MIUI 10.

Baca juga: Baca juga: Bos Xiaomi Janji Hapus Iklan di MIUI

Dirangkum KompasTekno dari Android Police, Rabu (10/9/2019), tombol tersebut dibuat berdasarkan hasil review tim pengembang terkait sistem iklan yang dibenamkan pada ponsel Xiaomi.

Wilayah India adalah lokasi di mana Xiaomi seringkali diprotes para pengguna karena adanya iklan di dalam antarmuka MIUI. Jumlah pengguna Xiaomi di India memang sangat besar bahkan bisa dibilang Xiaomi sudah memimpin pasar wilayah ini.

Sejak 2018 lalu sudah banyak pengguna di India yang melaporkan keberadaan iklan di sejumlah aplikasi bawaan MIUI.

Sebuah laporan lain menyebutkan bahwa Xiaomi memang gencar menampilkan iklan di ponselnya di India, setelah sebelumnya menguasai pasaran smartphone di negeri tersebut.

Xiaomi sejak awal memang tidak banyak mengambil keuntungan dari penjualan ponsel yang dibanderol dengan harga murah-meriah.

Baca juga: Cara Matikan Iklan di Ponsel Xiaomi

Ponsel Xiaomi hanya digunakan layaknya sebuah “etalase” untuk menampilkan iklan kepada para pengguna.

Kemunculan iklan di ponsel Xiaomi berlaku untuk perangkat yang menjalankan ROM MIUI rancangan Xiaomi sendiri. Sementara perangkat Xiaomi yang menjalankan OS Android polos seperti Android One seri Mi A2 tidak menampilkan iklan.

Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X