Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Facebook Luncurkan Portal TV untuk Streaming dan Video Chat

Kompas.com - 19/09/2019, 10:42 WIB
Yudha Pratomo,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Facebook secara resmi memperkenalkan sebuah perangkat baru bernama Portal TV. Perangkat ini merupakan sebuah aksesoris yang dapat terhubung dengan televisi dan kemudian digunakan untuk video chatting.

Portal TV diperkenalkan Facebook bersama dua perangkat lainnya yakni Portal dan Portal Mini. Portal TV juga dikategorikan Facebook sebagai perangkat pintar untuk berinteraksi dengan sesama pengguna melalui panggilan video.

Jika Portal dan Portal Mini merupakan perangkat yang mirip dengan perangkat tablet, Portal TV punya bentuk yang berbeda. Portal TV merupakan sebuah kamera cerdas yang dapat terhubung dengan televisi dan berbentuk mirip perangkat Xbox Kinect.

Baca juga: TikTok Luncurkan Aplikasi Video Chat Mirip Instagram Stories

Dikutip KompasTekno dari The Verge, Kamis (19/9/2019), Portal TV dapat terhubung dengan televisi melalui port HDMI. Kemudian pengguna cukup melakukan log in pada akun Facebook miliknya dan secara otomatis dapat melakukan panggilan video melalui Facebook Messenger maupun WhatsApp.

Portal TV memiliki kemampuan yang dapat mendeteksi serta mengenali gerakan objek atau pengguna. Portal TV dibekali teknologi kamera cerdas milik Facebook sehingga dapat mengikuti dan menyesuaikan dengan arah gerakan objek seperti melakukan zoom in atau zoom out secara otomatis.

"Fitur ini berguna khususnya untuk anak-anak yang seringkali keluar dan masuk frame selama video call berlangsung," kata perwakilan Facebook.

Perangkat ini juga bisa diaktifkan menggunakan suara, seperti layaknya Google Assistance. Pengguna cukup menyerukan "Hey Portal" dan perangkat akan menyala secara otomatis dan siap melakukan panggilan.

Baca juga: Google Perkenalkan Layanan Game Streaming Stadia

Selain itu, Portal TV juga memiliki kemampuan Augmented Reality (AR) di mana pengguna bisa menambahkan sejumlah filter ketika melakukan panggilan video. Melalui Portal TV, pengguna juga bisa menonton sejumlah acara televisi seperti Amazon Prime video atau CBS All Access.

Portal TV akan mulai dijual pada 5 November mendatang dengan harga 149 dollar AS atau sekitar Rp 2,1 juta. Sayangnya Facebook belum menyebutkan wilayah mana saja yang lebih dulu kebagian perangkat ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Verge

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com