Pengguna Huawei Mate 30 dan Mate 30 Pro Tetap Bisa Nonton YouTube

Kompas.com - 20/09/2019, 11:31 WIB

KOMPAS.com - Huawei Mate 30 dan Huawei Mate 30 Pro resmi menjadi smartphone Huawei pertama yang dirilis tanpa aplikasi Google, meski masih menjalankan sistem operasi Android 10.

Aplikasi Google bukan hilang sepenuhnya. Beberapa masih terpasang secara pre-loaded, tetapi tidak bisa diakses. Layanan tersebut mencakup aplikasi populer termasuk Google Play Store, Gmail, hingga YouTube.

Salah satu podcaster teknologi yang turut diundang dalam acara peluncuran Mate 30 dan Mate 30 Pro di Jerman, Alex Borredo, membuktikannya sendiri. Melalui akun Twitter pribadinya, @somospostpc.

Baca juga: Huawei Pastikan Mate 30 dan Mate 30 Pro Tak Punya Google PlayStore

Dalam video tersebut, tampak aplikasi YouTube yang terpasang tidak dapat diakses. Ketika dibuka, muncul sebuah teks yang menerangkan absennya Google Play Service di perangkat tersebut.


Kendati dimikian, dihimpun KompasTekno dari Reuters, Jumat (20/9/2019), CEO Huawei, Richard Yu mengatakan bahwa layanan YouTube masih tetap bisa diakses pengguna Mate 30 dan Mate 30 Pro, namun menggunakan browser/peramban.

Tentu saja, peramban yang dimaksud bukanlah peramban besutan Google, seperti Chrome. Yu menyarankan pengguna untuk mengunduh browser lain.

Keterbatasan layanan Google ini merupakan imbas pemblokiran yang dilakukan pemerintah AS terhadap Huawei dan afiliasinya bulan Mei lalu.

Baca juga: Ini Rencana Huawei Jika Dilarang Pakai Android

Karena pemblokiran ini, perusahaan AS dilarang melakukan bisnis dengan Huawei. Hingga saat ini, pemblokiran tersebut masih ditangguhkan hingga bulan November mendatang.

Diwartakan BBC, salah satu perwakilan Huawei mengatakan bahwa aplikasi Google bisa digunakan dengan metode sideload, meski saat aplikasi dijalankan tidak akan semulus aplikasi normalnya.

Selain Google, perusahaan jejaring sosial raksasa asal Amerika, Facebook Inc juga menjaga jarak. Di ponsel Mate 30 dan Mate 30 Pro, tiga aplikasi populernya, yakni WahtsApp, Instagram, dan Facebook tidak terpasang secara pre-loaded.

Aplikasi-aplikasi tersebut masih bisa diunduh melalui toko aplikasi Huawei, yakni Huawei App Gallery.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Reuters,BBC


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.