Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengguna Huawei Mate 30 dan Mate 30 Pro Tetap Bisa Nonton YouTube

Kompas.com - 20/09/2019, 11:31 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber Reuters,BBC

KOMPAS.com - Huawei Mate 30 dan Huawei Mate 30 Pro resmi menjadi smartphone Huawei pertama yang dirilis tanpa aplikasi Google, meski masih menjalankan sistem operasi Android 10.

Aplikasi Google bukan hilang sepenuhnya. Beberapa masih terpasang secara pre-loaded, tetapi tidak bisa diakses. Layanan tersebut mencakup aplikasi populer termasuk Google Play Store, Gmail, hingga YouTube.

Salah satu podcaster teknologi yang turut diundang dalam acara peluncuran Mate 30 dan Mate 30 Pro di Jerman, Alex Borredo, membuktikannya sendiri. Melalui akun Twitter pribadinya, @somospostpc.

Baca juga: Huawei Pastikan Mate 30 dan Mate 30 Pro Tak Punya Google PlayStore

Dalam video tersebut, tampak aplikasi YouTube yang terpasang tidak dapat diakses. Ketika dibuka, muncul sebuah teks yang menerangkan absennya Google Play Service di perangkat tersebut.


Kendati dimikian, dihimpun KompasTekno dari Reuters, Jumat (20/9/2019), CEO Huawei, Richard Yu mengatakan bahwa layanan YouTube masih tetap bisa diakses pengguna Mate 30 dan Mate 30 Pro, namun menggunakan browser/peramban.

Tentu saja, peramban yang dimaksud bukanlah peramban besutan Google, seperti Chrome. Yu menyarankan pengguna untuk mengunduh browser lain.

Keterbatasan layanan Google ini merupakan imbas pemblokiran yang dilakukan pemerintah AS terhadap Huawei dan afiliasinya bulan Mei lalu.

Baca juga: Ini Rencana Huawei Jika Dilarang Pakai Android

Karena pemblokiran ini, perusahaan AS dilarang melakukan bisnis dengan Huawei. Hingga saat ini, pemblokiran tersebut masih ditangguhkan hingga bulan November mendatang.

Diwartakan BBC, salah satu perwakilan Huawei mengatakan bahwa aplikasi Google bisa digunakan dengan metode sideload, meski saat aplikasi dijalankan tidak akan semulus aplikasi normalnya.

Selain Google, perusahaan jejaring sosial raksasa asal Amerika, Facebook Inc juga menjaga jarak. Di ponsel Mate 30 dan Mate 30 Pro, tiga aplikasi populernya, yakni WahtsApp, Instagram, dan Facebook tidak terpasang secara pre-loaded.

Aplikasi-aplikasi tersebut masih bisa diunduh melalui toko aplikasi Huawei, yakni Huawei App Gallery.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Reuters,BBC


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com