Ponsel Lipat Huawei Mate X Meluncur Oktober

Kompas.com - 20/09/2019, 12:03 WIB
Tampang Huawei Mate X, ponsel layar tekuk pertama milik Huawei Yudha Pratomo/KompasTeknoTampang Huawei Mate X, ponsel layar tekuk pertama milik Huawei
Penulis Oik Yusuf
|

MUNICH, KOMPAS.com - Huawei pertama kali meluncurkan ponsel lipatnya, Mate X, pada Februari 2019.

Smartphone tersebut sedianya bakal diluncurkan ke pasar pada Juni 2019, namun ditunda setelah ponsel lipat pesaingnya, Galaxy Fold dari Samsung, urung dijual karena permasalahan teknis.

Belakangan, di sela acara peluncuran Mate 30 dan Mate 30 Pro di Munich, Jerman, Kamis (19/9/2019), CEO Huawei Richard Yu akhirnya mengumumkan jadwal ketersediaan Mate X.

Baca juga: Samsung Galaxy Fold Sudah Bisa Dibeli

Ponsel lipat Huawei Mate X 5G akan dirilis di China bulan depan (Oktober 2019),” ujarnya singkat. Sayangnya, Yu tidak memberikan informasi soal harga ataupun waktu rilis Mate X di negara lain di luar China.

CEO Huawei Richard Yu saat berbicara dalam acara peluncuran Huawei Mate 30 dan Mate 30 Pro di Munich, Jerman, Kamis (19/9/2019). KOMPAS.com/ OIK YUSUF CEO Huawei Richard Yu saat berbicara dalam acara peluncuran Huawei Mate 30 dan Mate 30 Pro di Munich, Jerman, Kamis (19/9/2019).
Sebelumnya, ketika diperkenalkan dalam MWC 2019 pada Februari lalu, Huawei Mate X ditenagai chip Kirin 980 dan modem 5G Balong 5000.

Ada kemungkinan Huawei akan turut memasarkan versi Mate X dengan dapur pacu yang diperbarui menjadi Kirin 990, yang sudah memiliki modem 5G terintegrasi.

Mate X diketahui memiliki layar berdiagonal 8 inci ketika dibentangkan dalam mode “tablet”.

Ketika dilipat ke arah luar agar ukurannya berubah menjadi serupa smartphone, layar perangkat ini akan menutupi bagian depan dan belakangnya.

Huawei masih berhasil mencari ruang di bodi Mate X untuk menyelipkan empat kamera yang terdiri dari kamera wide 40 MP, kamera ultra wide 16 MP, kamera telephoto 8 MP, dan kamera time-of-flight.

Baca juga: Huawei Pastikan Mate 30 dan Mate 30 Pro Tak Punya Google PlayStore

Baterai yang disematkan memiliki kapasitas 4.500 mAh dengan dukungan SuperCharge 55 W.

Huawei disinyalir akan memasarkan Mate X dalam tiga varian RAM dan storage, yakni 6 GB/ 128 GB, 8 GB/ 256 GB, dan 12 GB/ 512 GB.

Mate X akan menyusul Galaxy Fold dari Samsung yang telah lebih dulu dirilis di pasaran Korea Selatan pada awal September.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X