Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ponsel Lipat Huawei Mate X Meluncur Oktober

Kompas.com - 20/09/2019, 12:03 WIB
Oik Yusuf,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

MUNICH, KOMPAS.com - Huawei pertama kali meluncurkan ponsel lipatnya, Mate X, pada Februari 2019.

Smartphone tersebut sedianya bakal diluncurkan ke pasar pada Juni 2019, namun ditunda setelah ponsel lipat pesaingnya, Galaxy Fold dari Samsung, urung dijual karena permasalahan teknis.

Belakangan, di sela acara peluncuran Mate 30 dan Mate 30 Pro di Munich, Jerman, Kamis (19/9/2019), CEO Huawei Richard Yu akhirnya mengumumkan jadwal ketersediaan Mate X.

Baca juga: Samsung Galaxy Fold Sudah Bisa Dibeli

Ponsel lipat Huawei Mate X 5G akan dirilis di China bulan depan (Oktober 2019),” ujarnya singkat. Sayangnya, Yu tidak memberikan informasi soal harga ataupun waktu rilis Mate X di negara lain di luar China.

CEO Huawei Richard Yu saat berbicara dalam acara peluncuran Huawei Mate 30 dan Mate 30 Pro di Munich, Jerman, Kamis (19/9/2019). KOMPAS.com/ OIK YUSUF CEO Huawei Richard Yu saat berbicara dalam acara peluncuran Huawei Mate 30 dan Mate 30 Pro di Munich, Jerman, Kamis (19/9/2019).
Sebelumnya, ketika diperkenalkan dalam MWC 2019 pada Februari lalu, Huawei Mate X ditenagai chip Kirin 980 dan modem 5G Balong 5000.

Ada kemungkinan Huawei akan turut memasarkan versi Mate X dengan dapur pacu yang diperbarui menjadi Kirin 990, yang sudah memiliki modem 5G terintegrasi.

Mate X diketahui memiliki layar berdiagonal 8 inci ketika dibentangkan dalam mode “tablet”.

Ketika dilipat ke arah luar agar ukurannya berubah menjadi serupa smartphone, layar perangkat ini akan menutupi bagian depan dan belakangnya.

Huawei masih berhasil mencari ruang di bodi Mate X untuk menyelipkan empat kamera yang terdiri dari kamera wide 40 MP, kamera ultra wide 16 MP, kamera telephoto 8 MP, dan kamera time-of-flight.

Baca juga: Huawei Pastikan Mate 30 dan Mate 30 Pro Tak Punya Google PlayStore

Baterai yang disematkan memiliki kapasitas 4.500 mAh dengan dukungan SuperCharge 55 W.

Huawei disinyalir akan memasarkan Mate X dalam tiga varian RAM dan storage, yakni 6 GB/ 128 GB, 8 GB/ 256 GB, dan 12 GB/ 512 GB.

Mate X akan menyusul Galaxy Fold dari Samsung yang telah lebih dulu dirilis di pasaran Korea Selatan pada awal September.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com