Kesan Pertama Menjajal Realme 5 dan Realme 5 Pro

Kompas.com - 22/09/2019, 11:11 WIB
Tampilan muka Realme 5 Wahyunanda Kusuma P/Kompas.comTampilan muka Realme 5

KOMPAS.com - Identik. Itulah kesan pertama ketika menggenggam Realme 5 dan Realme 5 Pro. Bahkan di area experience setelah acara peluncuran, beberapa awak media ada yang keliru menerka model keduanya ketika ingin mendokumentasikan.

Keduanya sama-sama dirancang dengan desain "3D Thermal Bending" yang memungkinkan lengkungan di bagian-bagian sudut ponsel. Warnanya juga hampir senada, terutama varian Sparkling Blue milik Realme 5 Pro dan Crystal Blue milik Realme 5. 

Keduanya memiliki dua varian warna. Selain warna bernuansa biru, Realme 5 Pro memiliki varian warna Crystal Green dan Realme 5 memiliki warna Crystal Purple.

Apalagi, di bagian punggung juga sama-sama ditempati empat kamera belakang dan panel pemindai sidik jari. Ukuran layarnya juga hampir sama, yakni 6,5 inci milik Realme 5 dan 6,3 inci milik Realme 5 Pro. Keduanya sama-sama berpanel IPS.

Perbedaan baru bisa ditemukan di keterangan kamera utama. Di Realme 5 Pro, kamera utama yang ada di paling atas dengan bulatan kuning, tergurat keterangan "48 MP" menandakan resolusinya.

Kamera belakang Realme 5 Pro terdiri dari 48 MP, f/1.8, 8 MP, f/2.2, 13mm (ultrawide), 2 MP, f/2.4, kamera macro, 2 MP, f/2.4, depth sensor.Wahyunanda Kusuma/Kompas.com Kamera belakang Realme 5 Pro terdiri dari 48 MP, f/1.8, 8 MP, f/2.2, 13mm (ultrawide), 2 MP, f/2.4, kamera macro, 2 MP, f/2.4, depth sensor.

Berbeda dengan Realme 5 yang hanya bertuliskan bukaan lensanya, yakni "f1.8". Bukaan lensa yang sama juga berlaku untuk Realme 5 Pro. Sementara untuk resolusi kamera utama Realme 5 hanya 12 megapiksel.

Baca juga: Menilik Fungsi Empat Kamera di Smartphone Realme 5 dan Realme 5 Pro

Tiga kamera sisanya berkonfigurasi sama, yakni 8 megapiksel ultrawide (f/2.2) , 2 megapiksel macro (f/2.4), dan 2 MP depth sensor (f/2.4).

Untuk kebutuhan selfie, Realme 5 memiliki resolusi kamera 13 megapiksel. Resolusi lebih tinggi dimiliki Realme 5 Pro yakni 16 megapiksel.

Baca juga: Spesifikasi dan Harga Realme 5 dan Realme 5 Pro di Indonesia

Perbedaan lain ada di sisi bawah, tepatnya pada lubang konektor. Realme 5 menggunakan microUSB sementara versi "pro" menggunakan USB C untuk mengisi baterai 4.035 mAh.

Selain itu, Realme 5 Pro juga didukung pengisi daya cepat VOOC 3.0. Fitur itu absen di Realme 5 namun kapasitas baterainya lebih besar yakni 5.000 mAh.

Realme 5 Pro diotaki chipset lebih tinggi yakni Snapdragon 712. Sementara Realme 5 ditenagai chipset Snapdragon 665 yang baru dirilis Qualcomm.

Bagaimana wujud Realme 5 dan Realme 5 Pro dari dekat? Klik tautan berikut untuk melihat lebih lanjut, https://tekno.kompas.com/galeri/detail/293/Melihat.Wujud.Realme.5.dan.Realme.5.Pro.Lebih.Dekat.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X