Ini Dia, Konsol Game Lawas yang Bakal Dirilis Konami

Kompas.com - 23/09/2019, 08:14 WIB
Konami akan merilis konsol untuk memainkan game lawas. Yudha Pratomo/KompasTeknoKonami akan merilis konsol untuk memainkan game lawas.
|

TOKYO, KOMPAS.com - Perusahaan pengembang game asal Jepang, Konami, akan turut merilis sebuah konsol di 2020 mendatang. Namun konsol yang dibuat adalah perangkat untuk memainkan game lawas keluaran Konami.

Konsol tersebut bernama PC Engine. Dengan ukuran yang mungil, PC Engine mampu menampung sebanyak lebih dari 50 game keluaran Konami mulai tahun 1980 hingga 1990-an.

PC Engine bisa disebut sebagai konsol emulator yang berisi sejumlah game Nintendo dan Sega Genesis. Sepintas, tampilan konsol ini memang mirip dengan konsol Super NES Classic yang diluncurkan Nintendo beberapa waktu lalu.

PC Engine memiliki desain controller yang khas dengan Super NES. Controller tersebut dihubungkan dengan konsol melalui kabel USB. Sementara untuk terhubung dengan monitor, konsol ini menggunakan port HDMI serupa dengan Super NES Classic.

Ada sejumlah judul game legendaris yang hadir dalam konsol ini seperti Bomberman, Dragon Spirit, Galaga 88, Seirei Senshi Spriggan hingga The Legend of Valkyrie.

Konami memamerkan konsol ini dalam gelaran Tokyo Game Show 2019 yang berlangsung beberapa waktu lalu. Di sana, tim KompasTekno pun sempat menjajal konsol PC Engine ini.

Baca juga: Mengintip Suasana Tokyo Game Show 2019

Suasana booth PC Engine Konami di Tokyo Game Show 2019Yudha Pratomo/KompasTekno Suasana booth PC Engine Konami di Tokyo Game Show 2019
Pengalaman bermain konsol PC Engine memang terasa sedikit berbeda jika dibandingkan bermain game lawas melalui Nintendo Classic atau Super NES Classic.

Besar kemungkinan hal tersebut disebabkan oleh model controller yang sedikit berbeda. Meski memiliki susunan tombol yang sama, posisi tombol sedikit lebih rendah ketimbang Super NES Classic. Sehingga butuh sedikit penyesuaian saat pertama kali mengenggam.

Selebihnya, konsol ini menyajikan pengalaman yang serupa dengan konsol lawas di tahun 80 dan 90an. PC Engine bisa menjadi salah satu konsol alternatif yang dapat dimainkan untuk bernostalgia.

Baca juga: Konsol Game Nintendo Switch Kini Bisa Jalankan OS Android

PC Engine akan dirilis pada 19 Maret 2020 mendatang dan akan dibanderol seharga 10.500 Yen atau sekitar Rp 1,3 juta.

Baca tentang
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X