DxOMark Beri Skor Foto "Wide" dan Mode Malam Kamera Smartphone

Kompas.com - 23/09/2019, 11:10 WIB
Galaxy Note 10 Plus Wahyunanda Kusuma Pertiwi/Kompas.comGalaxy Note 10 Plus

KOMPAS.com - Kamera wide dan mode malam semakin banyak tersemat di smartphone. Hal ini membuat situs benchmarking kamera DxOMark, menambahkan dua fitur tersebut dalam protokol penilaian kamera mereka secara khusus.

"Untuk protokol pengujian "wide", kami melakukan sebuah "mini-test" yang mencakup semua atribut yang sama dengan pengujian tes kamera utama kami," tulis DxOMark dalam situsnya.

Atribut yang dimaksud adalah dynamic range, color rendering, tekstur dan detail, noise, autofocus, dan akurasi. Pengujian foto wide-angle dilakukan dengan tingkat cahaya mulai dari sekitar 1.000 hingga 50 lux.

Untuk focal length, DxOMarks mengulangi semua pengujian pada focal lenghth 2 mm hingga setara pada 20 mm.

Baca juga: Galaxy Note 10 Plus Sabet Gelar Ponsel Berkamera Terbaik dari DxOMark

Sementara itu, untuk mode malam, protokol pengujian akan mencakup beberapa adegan seperti night cityscapes, low-light portraits, low-light flash on dan flash off, mode flash auto, dan mode malam khusus.

Dengan adanya penilaian untuk kamera wide dan night mode ini, DxOMark pun mengkalkulasi dan mengulas ulang kemampuan beberapa smartphone yang telah diuji. Ada tiga kategori pembaruan setelah penilaian ini.

Pertama adalah "fully-updated reviews" (pembaruan pengulasan menyeluruh) yang memberikan pengulasan ulang secara keseluruhan, termasuk penilaian foto wide angle dan night mode.

Beberapa smartphone yang masuk dalam pembaruan ini adalah Galaxy S10 5G, Google Pixel 3, Huawei Mate 20, Mi 9, Huawei P30 Pro, dan Galaxy Note 10+ 5G.

Kedua adalah pembaruan skor saja, bukan pengulasan menyeluruh. Smartphone yang masuk kategori ini adalah iPhone XS Max, LG G8, Sony Xperia 1, dan Nokia 9.

Baca juga: Daftar Ponsel dengan Kamera Selfie Terbaik Menurut DxOMark

Terakhir adalah kategori yang sama sekali tidak mendapat pembaruan penilaian. Biasanya mencakup smartphone keluaran lama atau smartphone yang kurang populer.

Namun, pengujian tambahan disebut masih belum rampung dan pengulasan belum diperbarui, sebagaimana KompasTekno rangkum dari situs resmi DxOMark, Senin (23/9/2019). Meski untuk kategori pembaruan skor sudah terpampang hasilnya.

Pembaruan skor DxOMark setelah penambahan skor untuk kamera wide dan night mode.DxOMark Pembaruan skor DxOMark setelah penambahan skor untuk kamera wide dan night mode.

"Kami melakukan pengujian kamera wide dan mode malam dengan firmware perangkat yang kami gunakan saat pengujian awal, artinya kemungkinan ada beberapa perangkat yang menggunakan firmware versi baru," tulis DxOMark.

 

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber DxOMark
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X