Tips Membuat Video dengan Galaxy Note 10 dari Sutradara Yandy Laurens

Kompas.com - 24/09/2019, 11:15 WIB
Sutradara Yandy Laurens dalam workshop Samsung Galaxy Note 10 dan Note 10 Plus di Korea Selatan, Rabu (18/9/2019). KOMPAS.com/NIBRAS NADA NAILUFARSutradara Yandy Laurens dalam workshop Samsung Galaxy Note 10 dan Note 10 Plus di Korea Selatan, Rabu (18/9/2019).

SEOUL, KOMPAS.com - Sutradara Yandy Laurens menilai membuat film kini tak sesulit dulu. Jika dulu pembuat film dihadapkan pada keterbatasan alat, kini proses praproduksi, produksi, hingga pascaproduksi, bisa dikerjakan di smartphone.

"Dengan perangkat yang semakin canggih, didukung dengan kreatifitas dalam menuangkan ide-ide visual dapat menghasilkan sebuah konten yang menarik," kata Yandy dalam workshop Samsung Galaxy Note 10 dan Note 10 Plus di Seoul, Korea Selatan, Rabu (18/9/2019).

Di proses praproduksi, sutradara film Keluarga Cemara itu mengatakan pembuat film perlu merumuskan bentuk ceritanya. Ada yang menggunakan struktur 2 babak, 3 babak, atau 5 babak.

Baca juga: Stylus S Pen di Samsung Galaxy Note 10 Makin Canggih, Ini Fitur Barunya

Penyusunan cerita hingga shooting adegan bisa diuji atau brainstorm lewat corat-coret. Fungsi kertas dan papan tulis kini bisa diganti dengan smartphone

Di Galaxy Note 10 Plus, fungsi ini ada pada notes. Menggunakan stylus S Pen, pengguna bisa menggambar storyboard, menulis tangan dan mengonversinya ke teks. "Dengan S pen, sekarang bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja," kata Yandy.

Tips membuat video dengan Galaxy Note 10

Sebelum mulai merekam, Yandy juga mengusulkan agar pembuat film mengenali perangkat yang digunakan. Di Galaxy Note 10, ada berbagai fitur untuk mendukung perekaman video.

Ada empat kamera belakang dan satu kamera depan. Kamera belakang terdiri dari kamera ultra wide 16 MP (f/2.2) dengan bidang pandang 123 derajat, lalu ada kamera wide 12 MP (variable, f/1.5 atau f/2.4) berbidang pandang 77 derajat.

Ada juga kamera telephoto 12MP (f/2.1), OIS dengan bidang pandang 45 derajat. Khusus di Galaxy Note 10 Plus ada tambahan kamera Time-of-Flight (ToF) untuk menerapkan efek bokeh.  Tiap kamera ini bisa digunakan untuk kebutuhan berbeda.

Landscape atau pemandangan, misalnya, bisa diambil dengan lensa ultra wide. Ketika mulai merekam, ada beberapa fitur kamera Galaxy Note 10 yang bisa berguna untuk merekam video.

Pertama, zoom-in mic dapat membantu memperjelas audio dalam frame dan menekan kebisingan atau noise di keadaan sekitar sehingga dapat membantu pengguna mendapatkan fokus suara yang diinginkan.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X