Google Rilis Play Pass untuk Langganan Game dan Aplikasi Android

Kompas.com - 25/09/2019, 11:53 WIB
Google Play Pass Android Police Google Play Pass

KOMPAS.com - Google resmi merilis Play Pass setelah diuji coba bulan Agustus lalu. Play Pass memiliki konsep mirip Apple Arcade di iOS. Ia akan memudahkan pengguna Android untuk berlangganan bermacam-macam aplikasi dan game premium.

Total ada lebih dari 350 aplikasi dan game yang bisa diakses menggunakan Play Pass tanpa gangguan iklan, pembelian dalam aplikasi (in-app purchase), maupun biaya tambahan lain.

Beberapa aplikasi tersebut misalnya Accuweather, Lichtspeer, Monument Valley, Star Wars: Knights of the Old Republic, dan Stardew Valley.

Baca juga: Google Uji Coba Play Pass untuk Langganan Game dan Aplikasi Android

Aplikasi lainnya bisa ditemukan di tab "Play Pass" di Play Store yang ada di sisi bawah, berjajar dengan tab Games, Apps, Movies & TV, dan Books. Tentu saja, tab Play Pass baru bisa ditemukan setelah Google memperbarui Play Store.

Untuk sementara, Play Pass baru hadir di Amerika Serikat, sebagaimana KompasTekno himpun dari Android Police, Rabu (25/9/2019). Google menjanjikan akan menggulirkan Play Pass ke lebih banyak negara dalam waktu dekat.

Satu Play Pass bisa diakses hingga enam anggota keluarga secara individu. Artinya, mereka tetap bisa mengunduh dan menggunakan aplikasi dengan akun mereka sendiri.

Pengguna Android di AS bisa mencoba free trial Play Pass selama 10 hari. Namun mulai 10 Oktober nanti, pengguna akan mulai dikenakan biaya.

Banderol langganan sama dengan Apple Arcade yakni 4,99 dollar AS (Rp 70.281) per bulan. Tapi pengguna bisa mencoba untuk berlangganan setahun pertama dulu dengan biaya 1,99 dollar AS (Rp 20.028) per bulan.

Baca juga: Saingi Netflix, Apple TV Plus Tawarkan Harga Langganan Lebih Murah

Play Pass menjadi satu konsep bisnis menarik terutama bagi pengembang aplikasi dan game berbayar. Saat ini, Google hanya memberlakukan "invite-only" (undangan) untuk pengembang agar bisa memajang aplikasi atau game besutannya di Play Pass.

Cara lainnya, pengembang bisa mengajukan game dan aplikasinya di Google Play Pass Nomination.

Google mengatakan, harga yang akan dibanderol untuk langganan aplikasi dan game nanti akan ditetapkan berdasarkan penghitungan tingkat penggunaan ke penerbit aplikasi, termasuk selama periode diskon. 

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X