Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Huawei Mate 30 Lahir Tanpa Play Store, Begini Cara Mengakalinya

Kompas.com - 25/09/2019, 20:11 WIB
Oik Yusuf,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

Sumber 9To5Google

KOMPAS.com - Mate 30 adalah lini ponsel pertama dari Huawei yang datang tanpa membawa aneka aplikasi dan layanan Google sebagai buntut perang dagang antara China dan Amerika Serikat.

Di ponsel ini, pengguna tidak bakal menemui aplikasi Google yang lazim hadir di ponsel Android, seperti Play Store, YouTube, Maps, maupun Gmail. Namun, bukan berarti aplikasi-aplikasi tersebut tidak dapat dipasang sama sekali di Mate 30.

Baca juga: Huawei Mate 30 dan Mate 30 Pro Dipastikan Tak Punya Google PlayStore

Ternyata ada cara untuk mengakalinya. Langkah-langkahnya pun mudah dan tak perlu teknik rumit macam root dan unlock bootloader.

Yang terpenting adalah memasang Google Services Framework yang diperlukan agar aplikasi-aplikasi dan layanan dari Google bisa berjalan.

Pertama-tama, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari 9to5Google, Rabu (25/9/2019), pengguna mesti mengunduh file APK peramban Chrome lewat browser bawaan Mate 30. Sumbernya bisa di situs seperti APK Mirror atau sejenisnya.

Kemudian, arahkan Chrome ke situs www.lzplay.net yang berbahasa China dan download aplikasi LZ Play dari sana. Aplikasi LZ Play kemudian akan mengunduh framework dan services yang diperlukan, termasuk toko aplikasi Google Play Store.

Setelahnya, Google Play Store akan nongol di home screen. Setelah login dengan akun Google, Pengguna Huawei Mate 30 pun bisa menggunakannya untuk mengunduh berbagai macam aplikasi, layaknya di ponsel Android lain seperti biasa.

Baca juga: Huawei Mate 30 Dipastikan Masuk Indonesia Tahun Ini

Cara berisiko

Aplikasi LZ Play meminta akses mendalam untuk memasang Google Services Framework di Huawei Mate 30. Android Central Aplikasi LZ Play meminta akses mendalam untuk memasang Google Services Framework di Huawei Mate 30.
Perlu dicatat bahwa LZ Play merupakan platform pengembangan software pihak ketiga yang dirancang untuk membantu admin TI dalam menjalankan fungsi terkait perangkat Android di lingkungan korporasi, misalnya menyalurkan pembaruan ke ponsel Android pegawai.

Untuk melakukan itu, LZ Play membutuhkan akses level administrator yang luas dan mendalam terhadap perangkat, bahkan hingga root access.

Ini tentu berisiko karena aplikasi LZ Play sendiri tidak dimonitor maupun disaring oleh Google. Sumbernya pun dari situs yang berada di luar lingkungan Android Google.

Begitu diberikan izin, bukan tidak mungkin LZ Play bisa melakukan berbagai hal terhadap perangkat tanpa sepengetahuan pengguna.

Cara kerja LZ Play selengkapnya dijabarkan lewat sebuah posting di situs XDA Developer yang bisa dilihat di tautan berikut.

Meski keamanannya -juga legalitasnya- dipertanyakan, sejauh ini cara di atas agaknya merupakan satu-satunya jalan bagi Mate 30 untuk bisa menjalankan aplikasi dan layanan Google.

Baca juga: Jurus Huawei Bertahan Tanpa Google

Untuk berjaga-jaga, aplikasi LZ Play bisa dihapus setelah semua proses selesai dengan lebih dulu mencabut akses administratornya lewat Settings > Security > More Settings > Device administrators.

Pemilik Mate 30 nanti bisa menjajal metode non-resmi ini sebagai solusi sementara, sambil berharap suatu saat Huawei bisa diberikan akses lagi ke ekosistem Google.

Tentu saja, risiko ditanggung sendiri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber 9To5Google


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com