Google Resmikan Android 10 Go Edition, OS Ringan untuk Ponsel Murah

Kompas.com - 26/09/2019, 11:22 WIB

KOMPAS.com - Android 10 telah resmi meluncur awal September lalu. Tak lama kemudian, Google memperkenalkan Android 10 Go yang tak lain merupakan Android 10 versi "ringan".

Sebagaimana Android Go sebelumnya, Android 10 Go diperuntukan bagi ponsel murah meriah berspesifikasi rendah. Rata-rata, smartphone yang menjalankan Android Go hanya memiliki kapasitas RAM 1 GB.

Untuk versi terbaru ini, Google akan fokus pada kecepatan untuk pengoperasian perangkat. Google mengklaim Android Go terbarunya 10 persen lebih gegas dibanding Android 9 Go.

Baca juga: Begini Tampilan Samsung Galaxy A2 Core, Ponsel Android Go Rp 1 Jutaan

Selain itu, Android 10 Go juga akan membuat konsumsi memori untuk aplikasi jadi lebih efisien. Google turut meningkatkan sektor keamanan data dengan mengusung sistem enkripsi Adiantum.

Sistem itu diklaim bisa melindungi data tanpa mempengaruhi performa ponsel atau membutuhkan hardware lainnya. Dengan Adiantum, Google ingin meyakinkan pengguna ponsel entry-level bahwa data mereka tetap aman tersimpan di ponsel.

Pembaruan aplikasi di Play Store juga dijanjikan akan lebih up to date. Android Go juga memiliki fitur untuk membaca teks berbasis kecerdasan buatan (AI).

Baca juga: Apa Beda Proyek Ponsel Murah Android One dan Android Go?

AI digunakan pula untuk mengatur galeri foto di perangkat, baik secara online maupun offline. Lalu ada Google Lens yang bisa memindai gambar atau teks dengan kamera untuk melakukan pencarian di Google Search.

Beberapa aplikasi berembel-embel "Go" lain juga akan terpasang, seperti YouTube Go, Files Go, atau Gmail Go.

Dirangkum KompasTekno dari Engadget, Kamis (26/9/2019), Android 10 Go baru akan tersedia menjelang akhir tahun ini. Belum diketahui ponsel apa yang akan menjalankan Android 10 Go untuk pertama kali.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber ENGADGET
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.