Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Instagram Luncurkan Fitur Panduan Orangtua dalam Bahasa Indonesia

Kompas.com - 27/09/2019, 08:06 WIB
Reska K. Nistanto,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Instagram secara khusus meluncurkan Panduan Instagram untuk Orangtua dalam Bahasa Indonesia. Peluncuran itu dilakukan di Jakarta, Rabu (26/9/2019).

Panduan tersebut menampung informasi yang didesain untuk memberdayakan para orangtua di Indonesia dengan informasi seputar penggunaan Instagram di kalangan remaja.

Instagram bekerja sama dengan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA) dan @ParentTalk.id dalam menghadirkan panduan berbahasa Indonesia itu.

Baca juga: Instagram Bakal Hapus Postingan Iklan Obat Diet Instan

Orangtua bisa mencari tahu detil mengenai fitur-fitur yang bisa dimanfaatkan mereka untuk menjaga keamanan anak-anak, saat menggunakan Instagram.

Beberapa fitur keamanan yang disebutkan di dalam panduan ini adalah:

1. Fitur Pengaturan Privasi, seperti: A. Privasi Akun: fitur kendali untuk menentukan siapa yang boleh dan tidak boleh melihat posting dan berinteraksi dengan akun mereka.

B. Blokir: fitur kendali untuk memblokir akun-akun yang tidak pantas atau saat mereka tak ingin lagi berinteraksi dengan akun tersebut.

2. Fitur Pengaturan Interaksi, seperti: A. Kontrol Komentar: fitur kendali untuk menentukan siapa saja yang dapat mengomentari posting mereka di Instagram.

B. Filter Komentar: fitur untuk menyaring kata-kata yang bisa atau tidak bisa ditampilkan di kolom komentar akun Instagram mereka.

3. Fitur Pengaturan Waktu, seperti: A. Dashboard ‘Aktivitas Anda’: fitur informasi mengenai waktu yang telah mereka habiskan di Instagram.

B. Setel Pengingat Harian: fitur pengaturan batas waktu yang dialokasikan untuk menggunakan Instagram.

Mereka akan mendapat notifikasi jika mereka mencapai batas waktu yang telah mereka tentukan sendiri.

Baca juga: Tips Mudah Menjaga Keamanan Akun Facebook, Instagram, dan WhatsApp

"Kami memahami tantangan yang dialami orang tua dalam membesarkan anak-anak di era digital seperti sekarang ini," ujar Ching Yee Wong, Kepala Komunikasi Instagram Asia Pasifik dalam keterangan tertulis yang diterima KompasTekno, Jumat (27/9/2019).

"Kami terus berupaya meluncurkan berbagai fitur dan sumber informasi seperti ini untuk memastikan pengguna kami di Indonesia mendapat pengalaman yang aman dan positif di platform kami,” imbuhnya.

Mulai hari ini, Panduan Instagram untuk Orang Tua bisa diakses melalui tautan berikut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com