Apple Maps di iOS 13 Punya Fitur Mirip Google Street View

Kompas.com - 27/09/2019, 19:04 WIB
Ilustrasi Apple Maps di iPhone CnetIlustrasi Apple Maps di iPhone

KOMPAS.com - Ada satu fitur unik di pembaruan iOS versi 13. Fitur ini dibenamkan di dalam aplikasi navigasi besutan Apple, yakni Apple Maps, dengan nama "Look Around".

Seperti namanya, fitur ini memungkinkan pengguna untuk melihat kondisi di sekeliling (pemandangan 360 derajat) dalam sebuah titik jalan yang sedang dipantau.

Melihat fungsinya, Look Around sejatinya mirip dengan salah satu fitur di aplikasi Google Maps, yaitu Google Street View.

Cara penggunaannya pun mirip. Seperti Google Street View, pengguna yang ingin menelusuri bangungan di sekeliling jalan bisa mencari titik jalan yang mereka ingin terlebih dahulu.

Baca juga: Orang yang 22 Tahun Hilang Tak Sengaja Ditemukan lewat Google Maps

Kemudian, untuk melihat detail di sekeliling jalan tersebut, pengguna bisa meng-klik ikon serupa alat "binokular" yang terletak di kanan atas aplikasi Apple Maps, tepat di bawah ikon panah navigasi.

Ilustrasi langah bernavigasi dengan Apple MapsKOMPAS.com/Bill Clinten Ilustrasi langah bernavigasi dengan Apple Maps

Setelah meng-klik ikon tersebut, maka pengguna akan bisa menikmati tampilan 360 derajat imersif di titik jalan atau lokasi yang telah dipilih tadi.

Serupa pula dengan Google Street View, pengguna juga bisa menggeser layar ke segala arah untuk melihat apa saja yang ada di sekelilng titik jalan yang sebelumnya sudah dipilih.

Kendati fitur ini cukup menarik, sayangnya wilayah yang bisa dipantau melalui Look Around di aplikasi Apple Maps sangat terbatas.

Baca juga: Cara Masukkan Titik Koordinat ke Google Maps untuk Pencarian Lokasi Lebih Akurat

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Cnet, Jumat (27/9/2019), hanya peta kota San Francisco saja yang mendukung fitur Look Around.

Meski demikian, Apple bakal menambah jumlah lokasi yang mendukung fitur mirip Street View ini di kemudian hari.

Namun, belum jelas wilayah atau kota lain mana saja yang bisa dinikmati melalui fitur tersebut.

Saat ini, untuk menjajal fitur unik ini, pengguna harus memiliki iPhone yang sistem operasinya sudah diperbarui ke iOS 13.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber CNET
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X