Instagram Uji Coba Fitur Penghemat Baterai Smartphone

Kompas.com - 28/09/2019, 16:05 WIB
Ilustrasi Instagram .Ilustrasi Instagram

KOMPAS.com - Instagram kini tengah menguji coba sebuah fitur untuk menghemat baterai perangkat. Fitur tersebut tak lain adalah mode gelap alias dark mode yang dapat meminimalisasi penggunaan cahaya yang bisa menguras baterai ponsel.

Fitur tersebut ditemukan oleh sejumlah pengguna yang menggunakan Instagram versi beta. Mereka melaporkan bahwa aplikasi Instagram yang mereka buka, secara otomatis beralih menjadi gelap ketika tema gelap pada Android diaktifkan.

Mode gelap tersebut mengubah warna dominan menjadi hitam. Warna tersebut dapat mengurangi ketegangan pada mata dan membuat baterai perangkat tidak berkurang dengan cepat.

Sebab, bagi ponsel dengan layar OLED, warna gelap tersebut dihasilkan dari piksel hitam yang tidak mengeluarkan cahaya.

Baca juga: Baterai Ponsel Boros, Aplikasi Google Ini Bisa Jadi Penyebabnya

Mulanya para pengguna menganggap bahwa mode gelap Instagram ini hanya muncul untuk pengguna Android 10. Namun kemudian fitur tersebut juga ditemukan oleh sejumlah pengguna ponsel Samsung yang belum memakai Android 10.

Dikutip KompasTekno dari Forbes, Sabtu (28/9/2019), mereka juga mendapati Instagram berubah menjadi gelap ketika Night Mode pada ponsel Samsung itu diaktifkan.

Dengan demikian, mode gelap pada Instagram juga dapat ditemukan meski ponsel yang bersangkutan masih menggunakan Android versi sebelumnya.

Pengguna yang ingin mencoba fitur tersebut, bisa mengunduh Instagram versi beta melalui tautan berikut ini. 

Mode gelap alias dark mode saat ini memang tengah menjadi tren. Google sudah lebih dulu menggelontorkan mode gelap untuk sejumlah aplikasi dan layanan miliknya.

Baru-baru ini, Google juga merilis mode gelap untuk Gmail di perangkat Android dan iOS. Mode tersebut akan disebarkan secara merata kepada seluruh pengguna dalam waktu maksimal 15 hari.

Baca juga: Cara Hemat Baterai Android Seperti Ini Justru Bikin Boros

Mode gelap sendiri dipercaya memiliki sejumlah keunggulan ketimbang mode biasa. Mode gelap dapat melindungi mata pengguna dari cahaya terang pada latar putih di sejumlah aplikasi Android.

Selain itu mode gelap ini juga sangat berguna jika pengguna melihat layar ponsel dalam kondisi cahaya yang minim, seperti malam hari. Rasa silau yang dialami mata pengguna akan dapat diminimalisir.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber Forbes
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X