Nantinya, Bukan Hanya Ponsel yang Akan Bermerek Nokia

Kompas.com - 29/09/2019, 12:10 WIB
Nokia IstNokia
Penulis Bill Clinten
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - Di dunia teknologi nama Nokia identik dengan ponsel. Namun di masa depan, brand legendaris itu mungkin tak hanya ditemui di perangkat genggam saja, melainkan juga barang jenis lain.

Indikasinya terlihat dari Nokia yang belakangan menunjuk Global Icons sebagai agensi untuk lisensi merek "Nokia". Nantinya, brand Nokia akan diperluas hingga mencakup kategori poduk consumer electronics.

"Pengalaman kami bakal menarik para pelaku industri inovatif yang mempu memberikan pengalaman produk memuaskan, sebagaimana yang diasosiasikan pengguna dengan merek tersebut (Nokia)," ujar Managing Director Global Icons Eropa, David Williams, di blog resminya.

Baca juga: Nokia 7.2 dan Nokia 6.2 Resmi, Tampilan Sama Spesifikasi Beda

Kendati demikian, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari GSM Arena, Minggu (29/9/2019), masih belum jelas produk macam apa yang akan ditempeli brand Nokia oleh Global Icons.

Mengingat kepemimpinan Nokia di bidang antena 4G dan 5G, mungkin produknya nanti akan memanfaatkan komponen yang berkaitan dengan hal itu, misalnya saja drone.

Di dunia ponsel, brand Nokia dimiliki oleh HMD Global yang merancang, memproduksi, dan memasarkan ponsel-ponselnya dengan merek tersebut.

Baca juga: Ponsel Lawas Nokia 2720 Lahir Kembali dengan Fitur Modern

Strategi perluasan produk di luar smartphone ini mirip-mirip dengan yang dilakukan Xiaomi dengan ekosistem perangkat IoT dan consumer electronics besutannya.

Bedanya, perangkat bermerek Xiaomi dibuat sendiri oleh perusahaan China itu, sementara Nokia melisensikan mereknya ke perusahaan lain yang memanufaktur produk.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber GSM Arena
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X