Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Facebook Luncurkan Game VR Multiplayer "Horizon"

Kompas.com - 30/09/2019, 16:04 WIB
Yudha Pratomo,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber BBC

KOMPAS.com - Raksasa jejaring sosial, Facebook meluncurkan game, di mana para penggunanya bisa berinteraksi dengan teknologi Virtual Reality (VR).

Game berjudul Horizon tersebut bisa menjadi sebuah "dunia" baru bagi pengguna untuk bersosialisasi dengan pengguna lainnya, tanpa harus bertatap muka secara langsung.

Horizon akan menjadi sebuah aplikasi VR di mana pengguna dapat bergaul, mengobrol, dan bermain game satu sama lain. Para penghuni dunia Horizon ini dapat menjelajah ruang-ruang virtual menggunakan avatar kartun miliknya.

Keberadaan Horizon pertama kali diungkap dalam konferensi developer Facebook Oculus Connect 6 yang digelar minggu ini. Kabarnya, Horizon akan mulai diuji coba pada 2020 mendatang, itu pun terbatas hanya pada sejumlah pengguna saja.

Baca juga: Valve Index, Headset VR Baru dari Pemilik Platform Game Steam

Facebook mengatakan, para pengguna Horizon yang pertama kali mencoba game ini, akan diberikan panduan khusus untuk membantu agar bisa lebih mengenal dunia virtual dari Horizon.

Panduan tersebut akan bertindak sebagai "polisi" yang akan memoderasi setiap perilaku pengguna di dunia virtual.

Dikutip KompasTekno dari BBC, Senin (30/9/2019), Facebook menambahkan bahwa para pemain dapat membangun permainan dan lingkungan miliknya sendiri. Mereka juga bisa merancang avatar yang akan digunakan untuk berinteraksi dalam game ini.

Meski berbentuk VR, game ini memiliki desain dan nuansa yang identik dengan kartun, mirip dengan grafis pada game The Sims. Pasalnya game ini dirancang untuk digunakan pada perangkat Oculus Quest yang memiliki kemampuan grafis tidak tinggi.

Jurnalis Ars Technica, Sam Machkovech sempat mencoba game tersebut. Ia menilai, Horizon adalah sebuah kombinasi antara aplikasi, chat, dan avatar yang telah diproduksi Facebook dalam beberapa tahun terakhir.

Baca juga: 5G Diramalkan Bikin Game VR Melejit

Horizon sendiri memiliki gameplay yang mirip dengan game The Sims, di mana pengguna akan bermain dengan sudut pandang orang pertama. Pemain akan ditempatkan dalam sebuah kota yang kemudian dapat dibangun sendiri sesuai dengan keinginan.

Dengan diciptakannya Horizon, Facebook dikabarkan akan segera menutup dua aplikasi berbasis VR lainnya, yakni Facebook Spaces dan Oculus Rooms. Keduanya dikabarkan akan ditutup pada 25 Oktober mendatang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com