Konsol PlayStation 5 Bakal Bisa Diajak Ngobrol?

Kompas.com - 30/09/2019, 17:03 WIB
Logo PlayStation di TGS 2019 KOMPAS.com/Gito Yudha PratomoLogo PlayStation di TGS 2019

KOMPAS.com - Microsoft punya Cortana, Apple punya Siri, dan Google punya Google Asisstant. Kini Sony pun tak mau kalah. Perusahaan elektronik asal Jepang itu dikabarkan tengah menggarap teknologi asisten digital untuk perangkat besutannya.

Bukan ponsel, melainkan konsol game PlayStation yang akan memiliki asisten digital untuk diajak ngobrol. Asisten digital bernama PlayStation Assist itu disebut-sebut akan hadir untuk pertama kalinya pada PlayStation generasi kelima mendatang.

Kabar tersebut diutarakan oleh analis industri game bernama Daniel Ahmad. Melalui akun Twitter-nya, Daniel mengatakan PlayStation Assist akan bisa diaktifkan ketika pengguna tengah memainkan sebuah game.

Dengan PlayStation Assist, pengguna bisa bertanya kepada asisten digital terkait game yang tengah dimainkan.

Baca juga: Bocoran Harga PlayStation 5 Beredar, Berapa Angkanya?

Pengguna juga bisa menanyakan walkthrough atau bahkan letak item tersembunyi jika pemain merasa kebingungan untuk menamatkan game tersebut.

Dikutip KompasTekno dari Eurogamer, Senin (30/9/2019), Daniel menyebutkan bahwa kabar ini terendus dari sebuah paten yang diajukan oleh Sony. Paten tersebut adalah berupa asisten suara yang dibuat dengan kecerdasan buatan (AI).

Sony sendiri menggambarkan bahwa fitur tersebut adalah sebuah metode "bantuan" untuk pemain game.

"Pertanyaan bisa berupa format apa pun atau kombinasi format audio, teks, video, dll. Server ini dirancang untuk mencocokkan pertanyaan dengan respon yang dibuat berdasarkan konteks game saat pertanyaan itu disajikan," tulis Sony dalam patennya.

Baca juga: Inikah Wujud Asli Konsol Game PS5?

Sony juga mengatakan bahwa fungsi PlayStation Assist nantinya bukan hanya akan memberikan bantuan kepada pemain terkait bagaimana menyelesaikan game saja, tetapi asisten digital ini juga bisa merespons sejumlah perintah tertentu.

Pengguna PlayStation 5 juga akan bisa mendapatkan informasi mengenai siapa saja teman-temannya yang sedang bermain game yang sama. PlayStation Assist juga bisa membuat jadwal untuk bermain game multi-player bersama teman-teman, dll.

"Pemain akan dapat meningkatkan permainannya dengan informasi yang disajikan," kata Sony.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber Eurogamer
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X