Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

iPhone Lawas Ini Bakal Tak Bisa Menjalankan WhatsApp

Kompas.com - 01/10/2019, 16:32 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber Ubergizmo

KOMPAS.com - WhatsApp mengumumkan akan mencabut dukungan layanannya untuk iPhone lawas, khususnya iPhone yang masih menjalankan iOS 8.

Penyetopan ini akan mulai berlaku pada bulan Februari 2020 mendatang. Dengan demikian, mulai tanggal tersebut, WhatsApp tak akan berjalan lagi di iPhone yang masih menggunakan iOS 8 atau yang lebih lama.

Menurut keterangan dari WhatsApp, saat ini pengguna iOS 8 sudah tidak bisa membuat akun baru atau memverifikasi akun yang sudah ada di aplikasi tersebut.

"Kalau sekarang WhatsApp masih aktif di perangkat iOS 8 Anda, maka Anda bisa menggunakannya sampai 1 Februari 2020," tulis WhatsApp.

Baca juga: 2019, Tahun Terakhir WhatsApp di Windows Phone

Pada Mei lalu, pihak WhatsApp sudah menyebutkan bahwa dukungan iOS 7 yang lebih lawas bakal dicabut pada tanggal yang sama.

Artinya, perangkat iPhone 4 keluaran 2010 yang memang mandek di iOS 7 dan tidak dapat diperbarui ke OS versi berikutnya tak akan bisa lagi menjalankan WhatsApp mulai tahun depan.

iPhone 4S (2011) yang setahun lebih muda dari iPhone 4 akan tetap bisa menjalankan WhatsApp karena mendukung hingga iOS 9. Versi OS tersebut menjadi syarat minimal agar WhatsApp bisa bekerja di iPhone.

Baca juga: Tahun Depan, WhatsApp Tak Lagi Dukung Android dan iPhone Lawas

Versi OS terbaru Apple saat ini adalah iOS 13 yang berselisih lima generasi (5 tahun) dari iOS 8 keluaran tahun 2014.

Dirangkum KompasTekno dari Uber Gizmo, Selasa (1/10/2019), selain iOS lawas, WhatsApp juga mewanti-wanti pengguna iPhone jailbreak.

"Modifikasi semacam ini akan mempengaruhi fungsionalitas perangkat Anda, kami tidak bisa memberikan dukungan untuk perangkat yang menggunakan versi modifikasi sistem operasi iPhone," tulis WhatsApp.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Ubergizmo


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com