Sony Siapkan Ponsel Xperia dengan Snapdragon 865?

Kompas.com - 01/10/2019, 17:47 WIB
Ilustrasi bagian punggung ponsel yang diduga Xperia 2 XperiablogIlustrasi bagian punggung ponsel yang diduga Xperia 2
Penulis Bill Clinten
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - Awal bulan September lalu, Sony kembali menegaskan bahwa mereka masih eksis di dunia smartphone dengan meluncurkan ponsel flagship terbarunya, Xperia 5.

Belum genap satu bulan kemudian, beredar kabar bahwa vendor asal Jepang ini tengah menggarap ponsel terbarunya yang memiliki hardware yang lebih bertenaga dari Xperia 5.

Ponsel anyar tersebut konon bakal ditenagai dengan calon chip high-end dari Qualcomm, yaitu Snapdragon 865, yang belum resmi diumumkan.

Rumor ini berasal dari sumber media Jepang yang tengah menelisik dokumen software ponsel Xperia yang tersimpan di server distribusi firmware Sony.

Baca juga: Qualcomm Serahkan Produksi Snapdragon 865 ke Samsung?

Jika dilihat seksama, dokumen tersebut sebenarnya tak mencantumkan nama Snapdragon 865 secara gamblang. Namun, di situ tercantum kode nama yang diduga tak lain mengacu pada chip ponsel tersebut, yakni "SM8250".

Snapdragon 855 yang dimiliki oleh Xperia 5 diketahui memiliki kode" SM8150". Dengan demikian, ada kemungkinan ponsel Xperia terbaru tadi bakal dibekali dengan chip generasi penerus dari Snapdragon 855.

Kemudian, sumber asal Jepang tadi melanjutkan, ponsel Xperia terbaru ini bakal hadir dalam dua varian, yaitu 4G dan 5

Ilustrasi dokumen firmware ponsel yang diduga sebagai XperiaAndroPlus Ilustrasi dokumen firmware ponsel yang diduga sebagai Xperia
Varian 5G dari ponsel itu, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari TechRadar, Selasa (1/10/2019), akan dibekali dengan modem 5G yang terintegrasi dengandi dalam chip.

Lagi-lagi ini merupakan indikasi bahwa dapur pacu calon ponsel anyar Sony lebih bertenaga dari Xperia 5 dengan memakai chip lebih baru. Sebab, chip Snapdragon 855 di Xperia 5 diketahui tak memiliki modem 5G terintegrasi.

Baca juga: Snapdragon 865 Bakal Dibekali Modem 5G Terintegrasi?

Terlepas dari dukungan 5G tadi, belum jelas seperti apa spesifikasi lain dari ponsel terbaru yang kabarnya tengah digarap Sony ini.

Terlebih, pihak Sony belum memberikan informasi apapun terkait pengembangan ponsel terbaru mereka. 

Ada kemungkinan pihak Sony baru akan membeberkannya di ajang Mobile World Congress (MWC) yang akan digelar di Barcelona, Spanyol, pada Februari 2020 mendatang.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber TechRadar
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X