Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Twitter dan TweetDeck Tumbang Berbarengan Sore Ini

Kompas.com - 02/10/2019, 15:40 WIB
Bill Clinten,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

 KOMPAS.com - Pengguna TweetDeck melaporkan bahwa dashboard media sosial tersebut mendadak bermasalah hari ini, Rabu (2/10/2019).

Ada pengguna yang mengatakan tampilan TweetDeck tak bisa dibuka. Ada juga yang disambut pesan error ketika mencoba melakukan hal lain seperti menjadwal kicauan atau menggunggah gambar.

Pada saat bersamaan, sekitar sore hari, Twitter sendiri selaku layanan yang sering diakses lewat TweetDeck pun down alias mengalami berbagai error dengan gejala yang mirip dengan TweetDeck.

Baca juga: Begini Cara Mengetahui Akun Bot di Twitter

Para pengguna Twitter mengeluhkan berbagai kendala, seperti tidak bisa bisa mencari twit melalui fitur "Search" di Twitter, baik versi mobile maupun Desktop.


Ada pula pengguna yang mengeluhkan tidak bisa mengunggah foto dan video di jejaring sosial tersebut. Artinya, pengguna hanya bisa mengunggah teks saja.

Berdasarkan pantauan KompasTekno di situs DownDetector.id, situs Twitter memang sedang dilanda keluhan down dalam beberapa jam terakhir, tepatnya sekitar pukul 14.30 WIB sore ini.

Ilustrasi Twitter di Downdetector.idKOMPAS.com/Bill Clinten Ilustrasi Twitter di Downdetector.id

Saat dimintai keterangan oleh KompasTekno, pihak Twitter membenarkan bahwa layanannya -berikut Tweetdeck- memang sedang bermasalah.

Keterangan tersebut tercantum dalam sebuah kicauan di akun resmi Twitter, sebagaimana dapat dilihat di bawah.

Twitter belum menerangkan apa penyebab layanannya dan TweetDeck mengalami gangguan secara bersamaan.

"Sesuai dengan statement yang kami berikan melalui @TwitterSupport, sedang kami investigasi," ujar perwakilan dari Twitter Indonesia. 

Baca juga: Cara Menyimpan Twit Orang Lain di Twitter Tanpa Ketahuan Follower

Dilihat dari sebaran peta downdetector.id, tumbangnya layanan Twitter banyak dilaporkan oleh pengguna di wilayah Eropa, Jepang, dan beberapa negara di Asia Tenggara, termasuk Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com