Twitter dan TweetDeck Tumbang Berbarengan Sore Ini

Kompas.com - 02/10/2019, 15:40 WIB
Ilustrasi Aplikasi Twitter di ponsel di depan logo Twitter BloombergIlustrasi Aplikasi Twitter di ponsel di depan logo Twitter
Penulis Bill Clinten
|
Editor Oik Yusuf

 KOMPAS.com - Pengguna TweetDeck melaporkan bahwa dashboard media sosial tersebut mendadak bermasalah hari ini, Rabu (2/10/2019).

Ada pengguna yang mengatakan tampilan TweetDeck tak bisa dibuka. Ada juga yang disambut pesan  error ketika mencoba melakukan hal lain seperti menjadwal kicauan atau menggunggah gambar.

Pada saat bersamaan, sekitar sore hari, Twitter sendiri selaku layanan yang sering diakses lewat TweetDeck pun down alias mengalami berbagai error dengan gejala yang mirip dengan TweetDeck.

Baca juga: Begini Cara Mengetahui Akun Bot di Twitter

Para pengguna Twitter mengeluhkan berbagai kendala, seperti tidak bisa bisa mencari twit melalui fitur "Search" di Twitter, baik versi mobile maupun Desktop.


Ada pula pengguna yang mengeluhkan tidak bisa mengunggah foto dan video di jejaring sosial tersebut. Artinya, pengguna hanya bisa mengunggah teks saja.

Berdasarkan pantauan KompasTekno di situs DownDetector.id, situs Twitter memang sedang dilanda keluhan down dalam beberapa jam terakhir, tepatnya sekitar pukul 14.30 WIB sore ini.

Ilustrasi Twitter di Downdetector.idKOMPAS.com/Bill Clinten Ilustrasi Twitter di Downdetector.id

Saat dimintai keterangan oleh KompasTekno, pihak Twitter membenarkan bahwa layanannya -berikut Tweetdeck- memang sedang bermasalah.

Keterangan tersebut tercantum dalam sebuah kicauan di akun resmi Twitter, sebagaimana dapat dilihat di bawah.

Twitter belum menerangkan apa penyebab layanannya dan TweetDeck mengalami gangguan secara bersamaan.

"Sesuai dengan statement yang kami berikan melalui @TwitterSupport, sedang kami investigasi," ujar perwakilan dari Twitter Indonesia. 

Baca juga: Cara Menyimpan Twit Orang Lain di Twitter Tanpa Ketahuan Follower

Dilihat dari sebaran peta downdetector.id, tumbangnya layanan Twitter banyak dilaporkan oleh pengguna di wilayah Eropa, Jepang, dan beberapa negara di Asia Tenggara, termasuk Indonesia.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X