Microsoft Bikin Ponsel Lipat Android Surface Duo

Kompas.com - 03/10/2019, 08:15 WIB
Surface Duo saat diperkenalkan di New York. The VergeSurface Duo saat diperkenalkan di New York.

KOMPAS.com - Microsoft kembali lagi ke "arena" smartphone setelah menyerah mengembangkan Windows Phone tahun 2017 lalu. Raksasa software itu secara resmi meluncurkan Surface Duo, ponsel lipat pertamanya yang menjalankan sistem operasi Android.

"Produk ini membawa semua hal terbaik di Microsoft dan kami menggandeng Google untuk membawa hal terbaik di Android untuk produk ini," ujar Microsoft Product Chief, Panos Panay, saat memperkenalkan Surface Duo untuk pertama kalinya di New York.

Android yang berjalan di Surface Duo agak mirip dengan sistem operasi Windows 10X yang menjalankan Surface Neo, laptop dual-screen berukuran mungil yang juga dikenalkan bebarengan Surface Duo.

Baca juga: Microsoft Bikin Tablet Dua Layar yang Menjalankan Aplikasi Android?

Konsep lipat yang diusung Surface Duo berbeda dengan ponsel lipat yang sudah ada. Sebut saja Samsung Galaxy Fold atau Huawei Mate X.

Engsel di tengah tampak lebih jelas, terutama ketika dibentangkan, layar yang berukuran 8,3 inci akan menyusut menjadi 5,6 inci saat dilipat.

Masing-masing layar bisa menjalankan aplikasi yang berbeda dalam waktu yang sama. Dalam tayangan video promosinya, pengnguna bisa menggunakan salah satu layar dalam mode landscape dan layar lain sebagai alas keyboard dan pad atau pengendali game. 

Tampilan Surface Duo yang bisa digunakan layaknya laptop. Satu sisi layar diguakan sebagai keyborad atau pengendali game.YouTube Microsoft Tampilan Surface Duo yang bisa digunakan layaknya laptop. Satu sisi layar diguakan sebagai keyborad atau pengendali game.

Surface duo ditenagai Snapdragon 855, dihimpun KompasTekno dari The Verge, Kamis (3/10/2019). Kendati telah diperkenalkan, desain Surface Duo disebut belum sepenuhnya final.

Baca juga: Galaxy Fold Generasi Kedua Akan Dijual Global, Masuk Indonesia?

Masih ada beberapa elemen yang ingin disempurnkan, termasuk apakah akan dipasang kamera agar semakin "sah" disebut smartphone atau tidak.

Surface Duo diprediksi akan benar-benar dirilis pada musim liburan 2020 mendatang. Ingin melihat bagaimana wujud Surface Duo? Simak video berikut ini.

 

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber The Verge
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X