Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Microsoft Luncurkan Tablet Surface Pro X Pesaing iPad Pro

Kompas.com - 03/10/2019, 12:35 WIB
Bill Clinten,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Microsoft menggelar sebuah acara di kota New York, AS, Rabu (2/10/2019) pagi waktu setempat untuk memperkenalkan sejumlah perangkat 2-in-1 seri Surface terbarunya.

Ada tiga perangkat Surface mainstream yang diluncurkan oleh Microsoft dalam ajang ini. Mereka adalah tablet Surface Pro X, Surface Pro 7, dan Surface Laptop 3.

Dari ketiga perangkat tersebut, Surface Pro X merupakan perangkat yang paling unik lantaran bezel di sekeliling layar tampak lebih tipis jika dibandingkan dua produk Surface teranyar lainnya.

Selain itu, tablet yang digadang-gadang akan menjadi pesaing kuat iPad Pro dari Apple ini merupakan perangkat yang dibekali dengan prosesor mobile berarsitektur ARM, yakni Surface SQ1.

Baca juga: Microsoft Bikin Ponsel Lipat Android Surface Duo

Perangkat Surface berbasis ARM terakhir diluncurkan pada 2013 silam dengan nama produk Surface 2.

Sementara, Surface Pro 7 dan Surface Laptop 3 masing-masing dibekali dengan prosesor laptop mainstream Intel Core generasi ke-10  (x86), bukan prosesor berbasis ARM seperti Surface Pro X. 

Dari segi bobot, ketiga perangkat Surface ini relatif mudah dibawa-bawa lantaran bobotnya yang ringan serta dimensinya yang tipis. Surface Pro X, misalnya, hanya memiliki berat sekitar 720 gram dan tingkat ketebalan 5,3 mm.

Ketiga perangkat dibekali dengan panel PixelSense dengan ukuran layar yang berbeda, yaitu 13 inci untuk Surface Pro X, dan 12,3 inci untuk Surface Pro 7, Sementara, Surface Laptop 3 memiliki dua varian layar, yakni 13 inci dan 15 inci.

Ada varian AMD Ryzen, USB tipe-C

Ilustrasi Surface Pro 7Microsoft Ilustrasi Surface Pro 7

Ada beberapa fitur unggulan lain di masing-masing perangkat ini, di samping bobot dan dimensi tadi.

Surface Pro X memiliki fitur unggulan lain berupa wadah stylus yang terletak tepat di antara engsel bawah layar dan keyboard eksternal. Ada pula dukungan konektivitas LTE di Surface Pro X.

Kemudian, Surface Pro 7 dibekali dengan perekam suara yang diklaim lebih mumpuni dibandingkan generasi sebelumnya untuk meningkatkan tingkat akurasi fitur speech-to-text.

Baca juga: Saat MacBook Sarankan Beli Microsoft Surface 2

Lalu, Surface Laptop 3 memiliki keunggulan di segi layar yang paling luas di antara seri Surface Pro X dan Surface Pro 7. Khusus untuk varian 15 inci dari Surface Laptop 3, prosesor yang digunakan adalah AMD Ryzen yang diklaim tercepat di kelasnya.

Untuk segi konektivitas, ketiga perangkat Surface ini sudah dibekali dengan port USB-C.

Harga dan ketersediaan

Ilustrasi Surface Laptop 3Microsoft Ilustrasi Surface Laptop 3

Untuk urusan harga, Surface Pro X dibanderol dengan harga termurah 999 dollar AS (Rp 14,1 juta), lalu Surface Pro 7 dibanderol dengan harga mulai dari 749 dollar AS (Rp 10,6 juta).

Baca juga: Begini Tampilan Baru Game Microsoft Flight Simulator yang Memukau

Kemudian, Surface Laptop 3 dipatok dengan harga termurah 999 dollar AS (Rp 14,1 juta) untuk varian 13 inci dan 1.199 dollar AS (Rp 17 juta) untuk varian 15 inci.

Surface Pro X bakal tersedia mulai 5 November mendatang, sementara Surface Pro 7 dan Surface Laptop 3 bakal tersedia pada 22 Oktober mendatang, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari TheNextWeb, Kamis (3/10/2019).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com