Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aplikasi Android Galaxy Note 10 Bisa Dibuka di MacBook, Begini Caranya

Kompas.com - 03/10/2019, 14:01 WIB
Yudha Pratomo,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Galaxy Note 10 yang dirilis pada awal Agustus lalu membawa sejumlah fitur anyar. Beberapa di antaranya adalah zoom audio, air action, hingga in display fingerprint scanner.

Ada satu fitur lagi yang berguna bagi produktivitas pemilik Galaxy Note 10, yakni DeX untuk mengendalikan ponsel lewat laptop.

Istimewanya, tak hanya komputer berbasis Windows saja yang mendukung fitur ini. Samsung DeX juga bisa menghubungkan perangkat Galaxy Note 10 dengan laptop MacBook yang menggunakan sistem operasi MacOS

Baca juga: Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy Note 10 dan Note 10 Plus

Dengan DeX, transfer berkas antar kedua perangkat bisa dilakukan secara mudah lewat drag and drop. Sejumlah aplikasi Android di Galaxy Note 10 pun bisa ditampilkan di MacBook dan telah dioptimalkan untuk ukuran layar laptop.

Contohnya, MS Office Suite dan YouTube, juga aplikasi media sosial seperti Facebook atau WhatsApp. Samsung DeX memungkinkan pengguna mengakses smartphone dan MacBook secara bergantian.

Baca juga: Samsung Galaxy Note 10 Bisa Dikendalikan dari Laptop

Cara menggunakan Samsung DeX pada MacBook terbilang mudah mudah. Pertama tama, pasang aplikasi Samsung DeX di laptop. Selanjutnya, tinggal sambungkan perangkat Galaxy Note 10 ke MacBook dengan kabel USB-C ke USB-A atau USB-C ke USB-C.

MacBook akan mendeteksi keberadaan ponsel Samsung dan mulai menjalankan aplikasi Samsung DeX secara otomatis.

Software DeX secara otomatis akan mengenali Galaxy Note 10 ketika tersambung ke MacBook. KOMPAS.com/ GITO YUDHA PRATOMO Software DeX secara otomatis akan mengenali Galaxy Note 10 ketika tersambung ke MacBook.

Melalui aplikasi DeX tersebut, pengguna bisa mengendalikan Galaxy Note 10 secara penuh melalui MacBook.

Samsung DeX sebenarnya sudah cukup lama hadir, tepatnya sejak seri Galaxy S8 diperkenalkan. Setelah itu, fitur ini juga dibawa pada lini Galaxy Note 9 yang diluncurkan tahun lalu.

Baca juga: 10 Fitur Unik dan Menarik di Kamera Galaxy Note 10

Di Galaxy Note 10, kemampuan DeX ditingkatkan. Bukan lagi sekadar mengubah ponsel jadi serupa komputer desktop, tapi juga bisa untuk mengendalikan perangkat genggam itu lewat laptop.

Mekanisme penggunaan DeX pun dipermudah dan menjadi lebih praktis. Kini cukup dengan kabel tanpa memerlukan alat docking khusus bernama DeX Station yang dulu harus dibeli terpisah.

KompasTekno sempat menjajal kebolehan DeX Galaxy Note 10 saat meliput ajang Tokyo Game Show 2019 bulan September lalu. Simak videonya di tautan berikut ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com